CiriCara: Ciri-ciri Wanita yang Menderita Gizi Buruk

by
March 13th, 2013 at 10:23 am

pusingCiriCara.com – Seseorang yang menderita gizi buruk itu bukan hanya karena dirinya miskin dan tak mampu mengonsumsi makanan yang sehat. Gizi buruk juga bisa dialami oleh seseorang yang memiliki gangguan makan atau menjalani diet super ketat. Biasanya, hal tersebut dialami oleh wanita.

Gizi buruk tak muncul tiba-tiba. Mereka berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu dan terkadang wanita jadi terbiasa dengan gejala tersebut. Wanita yang mengalami gizi buruk itu dikarenakan dirinya tidak mengonsumsi makanan yang benar. Ketahuilah bahwa junk food dan makanan instan lainnya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut, maka bisa jadi Anda menderita gizi buruk. Lalu, gejala apa yang ditimbulkan jika seseorang mengalami gizi buruk? Dilansir Boldsky.com, berikut ciri-ciri wanita yang menderita gizi buruk:

1. Merasa cepat lelah

Ciri pertama yang paling mudah dilihat adalah cepat merasa lelah. Saat melakukan berbagai aktivitas, Anda cepat sekali merasa lelah. Bahkan, Anda seringkali merasa tak memiliki energi untuk melakukan kegiatan termasuk untuk makan. Hal tersebut dikarenakan otot tak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan, seperti kalsium sehingga membuat Anda merasa lelah karena kekurangan energi.

2. Tekanan darahnya rendah

Jika seseorang menderita kekurangan gizi, maka selalu memiliki tekanan darah yang rendah. Tak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak bisa menurunkan gula dalam darah Anda. Saat gula darah turun, tekanan darah juga akan ikut menurun.

3. Mudah merasa pusing

Saat tekanan darah menurun juga bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan sehingga kepala akan mudah pusing. Jika sudah merasa pusing, maka biasanya akan sakit kepala yang tentunya bisa mengganggu aktivitas Anda.

4. Anemia

Wanita yang menderita anemia itu dikarenakan dirinya tak sering mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Untuk itu, Anda disarankan agar rajin mengonsumsi makanan, seperti daging merah, kacang almond, bayam, jamur tiram, udang, dan makanan lain yang kaya akan zat besi.

rambut rontok

5. Mengalami gejolak hormonal

Wanita yang menderita gizi buruk menjadi mudah mengalami gejolak hormonal. Jika tak mendapatkan nutrisi yang tepat, maka keseimbangan hormon juga akan terpengaruh. Biasanya, wanita akan menjadi lebih mudah marah dan cepat mengalami perubahan suasana hati.

6. Rambut rontok dan kulit kusam

Rambut dan kulit akan sehat jika Anda memiliki tubuh yang sehat. Jika tubuh tak diberi makanan yang bergizi, maka rambut akan menjadi mudah rapuh dan kulit akan menjadi kusam. Ketahuilah bahwa kerontokan rambut yang abnormal tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda kekurangan gizi.

7. Menstruasi berhenti

Saat tubuh tak memiliki cukup zat besi dan kalsium, mungkin Anda tidak akan mengalami menstruasi. Kekurangan zat besi merupakan salah satu alasan umum jika menstruasi berhenti beberapa saat.

8. Berat badan turun

Jika Anda mengurangi asupan karbohidrat dan protein, maka akan mudah terserang malnutrisi. Kebanyakan kasus, seseorang akan kehilangan berat badannya karena kekurangan gizi. Untuk itu, pastikan Anda mengosumsi makanan yang sehat setiap harinya.

9. Kekebalan tubuh melemah

Tubuh yang kekurangan vitamin C, Zinc, dan nutrisi penting lainnya akan lebih mudah terkena penyakit. Jika Anda terkena beragam penyakit dalam waktu singkat, maka bisa jadi telah menderita gizi buruk.

10. Kulit mudah terluka

Kulit akan lebih mudah terluka atau memar jika dinding kapiler Anda lemah. Hal tersebut bisa terjadi karena jumlah trombosit darah Anda menurun. Jika sudah begitu, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin K dan folat dalam jumlah besar.

Itulah ciri-ciri wanita yang menderita gizi buruk. Jika mengalami beberapa hal tersebut, maka sebaiknya segera ubah pola makan dan gaya hidup Anda. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan kurangi makanan cepat saji karena berpengaruh buruk bagi tubuh. (NR)

Comment di sini