Hati-hati Saat Mengajari Anak Berenang

by
March 13th, 2013 at 2:30 pm

mengajari anak berenangCiriCara.com – Mengajari anak berenang sejak dini merupakan salah satu cara yang dilakukan orangtua untuk merangsang perkembangan motorik dan akalnya.

Hampir sebagian besar ibu di Indonesia mengajari anaknya berenang karena kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan si anak. Lalu, berenang yang seperti apa?

The American Academy Pediatrics pernah mengeluarkan suatu kebijakan pada April 2000 yang berisi, “Secara fisik anak-anak belum sepenuhnya siap untuk berenang sebelum usianya 4 tahun.”

Dilansir Pediatrics.about.com, maksud dari kebijakan tersebut adalah melarang anak untuk benar-benar berolahraga renang atau menggerakkan semua anggota tubuh sebelum usianya 4 tahun. Berenang yang dimaksud bermain di dalam air sama sekali tidak dilarang.

Anda bisa mengajak buah hati berenang dan bermain bersama saat ada waktu senggang. Namun, Anda juga disarankan untuk berhati-hati. Jangan sampai si kecil hipotermia atau kedinginan, menelan terlalu banyak air, dan terkena penyakit kulit setelah berlama-lama berada di dalam air.

Ketahuilah bahwa bayi yang usianya enam bulan sebaiknya tidak dibawa ke kolam renang umum. Kolam renang umum mengandung klorin dan kebersihannya juga tak bisa Anda jamin. Jika ingin mengajari anak berenang dan bermain air saat usianya 6 bulan, maka pakailah kolam karet milik sendiri saja.

Dengan memakai kolam karet milik sendiri, tentunya kebersihannya akan terjamin sehingga tidak membahayakan kesehatan si anak. Jika ingin mengajari si anak berenang, maka pastikan si kecil sudah cukup menegakkan kepalanya sendiri.

Ketahui juga bahwa tak semua bayi menyukai aktivitas di dalam air. Untuk itu, Anda harus mengetahui dahulu apakah si bayi suka atau tidak bermain air. Jika si kecil tak merasa nyaman, maka jangan paksakan dirinya untuk terus berada di dalam air. Selain itu, Anda juga harus tetap mendampingi si kecil saat dirinya tengah berada di kolam renang atau kolam karet milik sendiri. (NR)

Comment di sini