Hercules Pernah Dapat Gelar dari Keraton Surakarta

by
March 13th, 2013 at 9:15 am

Surakarta (CiriCara.com) – Salah satu ‘bos besar’ preman di Jakarta, Hercules Rozario Marshal ternyata sempat mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Kabar 24

Kabar 24

Dilansir dari Tempo.co, gelar Kanjeng Raden Haryo Yudhapranoto ini pernah didapat Hercules dari Panembahan Tedjowulan sebagai Paku Buwana XIII dan bertahta di Keraton Sasana Purnama Badran. Gelar untuk Hercules itu diberikan pada bulan Juni 2012 lalu.

“Memang benar, dulu Hercules memang mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Badran,” kata bekas juru bicara Keraton Badran, Kanjeng Raden Harya Bambang Pradotonagoro, Selasa, 12 Maret 2013 seperti dikutip Tempo.co.

Harya Bambang mengatakan bahwa sebenarnya Hercules menerima gelar tersebut sejak lama, namun pengukuhan gelar yang ia terima baru terlaksana pada 5 Juni 2012 lalu. Saat prosesi pemberian gelar berlangsung, Hercules menggunakan pakaian adat Jawa lengkap.

Berdasarkan keterangan, Tedjowulan telah mengenal baik Hercules dalam waktu yang lama. Keduanya berkenalan saat Tedjowulan bertugas di Timor Timur saat masih memiliki karier militer.

Saat menerima gelar tersebut, Hercules merasa sangat gembira. Seusai upacara pemberian gelar, Hercules sempat mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tedjowulan.

“Saya sangat senang mendapatkan gelar dari keraton. Gelar ini sebuah kebanggaan. Saya dan keluarga berterima kasih pada Sinuhun Tedjowulan,” komentarnya seperti dikutip oleh Tribunnews.com, Selasa, 5 Juni 2012 lalu.

Sebelumnya, Hercules dan 46 anggota kelompoknya diamankan oleh polisi pada hari Jumat, 8 Maret 2013 lalu. Para preman yang merupakan anggota kelompok tersebut merusak ruko-ruko saat polisi masih menggelar apel di pelataran ruko proyek PT Tjakra Multi Strategi di Jalan Lapangan Bola, Srengseng, Jakarta Barat. (RN)

Comment di sini