10 Alasan BlackBerry Z10 Lebih Baik daripada Q10

by
March 14th, 2013 at 3:29 pm

bb z10 vs bb q10CiriCara.com – BlackBerry Z10 telah resmi beredar. Di Indonesia, harga BlackBerry Z10 resmi dibanderol Rp 6.999.000. Menyusul BlackBerry Z10, BlackBerry Q10 juga telah dipersiapkan untuk segera meluncur ke pasaran.

Dua perangkat BlackBerry yang dipersenjatai sistem operasi terbaru, BlackBerry 10, ini sudah dinanti-nanti penggemarny. Jika BlackBerry Z10 dipandang lebih modern dan elegan, BlackBerry Q10 cenderung lebih konservatif terutama dalam hal desain. Selain itu, harga BlackBerry Q10 disebut-sebut lebih mahal daripada Z10.

Hal ini membuat sebagian kalangan menilai BlackBerry Z10 lebih pantas dibeli ketimbang BlackBerry Q10. Benarkah demikian? Berikut adalah 10 alasan kenapa BlackBerry Q10 tidak lebih baik ketimbang BlackBerry Z10 seperti dilansir EWeek:

1. Keyboard fisik

Penggunaan keyboard fisik pada BlackBerry Q10 lebih diperuntukkan bagi konsumen konservatif yang menggemari keyboard QWERTY fisik ciri khas BlackBerry. Sementara itu, saat ini ponsel pintar dengan layar sentuh seperti yang dimiliki BlackBerry Z10 terbilang lebih populer di masyarakat.

2. Layar kecil

Selain keyboard fisik, layar BlackBerry Q10 yang berukuran kecil juga merupakan satu bahan pertimbangan. Sebagai perbandingan, BlackBerry Z10 berukuran 4,2 inci, sedangkan Q10 ukurannya hanya 3,1 inci.

3. Kinerja

BlackBerry 10 menjanjikan performa yang mumpuni. Namun dengan layar berukuran 3,1, aktivitas multitasking yang berat tidak bisa begitu banyak dilakukan dibandingkan dengan layar berukuran lebih besar.

4. Ketajaman layar

BlackBerry Z10 punya layar canggih 355 piksel per inci. Resolusi ini lebih besar daripada Retina display milik iPhone 5. Alhasil, tampilan grafis di Z10 lebih baik daripada di Q10.

5. Z10 adalah harapan

Sebagian besar masyarakat menaruh harapan pada BlackBerry Z10 di tengah derasnya isu kebangkrutan RIM (kini BlackBerry). Dengan fitur yang tak kalah dari para pesaing-pesaingnya, Z10 ditawarkan dengan harga yang rasional.

6. Peranti keras

Peranti keras yang dibenamkan ke Blackberry Q10 tidak lebih baik daripada Z10. Bahkan kedua perangkat punya peranti keras yang serupa, hanya ukuran layar dan kualitas grafis yang berbeda.

7. Aplikasi

BlackBerry berusaha keras membenahi sistem operasinya agar meningkatkan daya saing. Hasilnya? Tidak mengecewakan. Salah satu kelebihan perangkat BlackBerry 10 adalah banyaknya aplikasi yang kompatibel. Namun, dengan layar yang kecil, tentu Q10 sulit mengalahkan Z10 dalam hal pilihan aplikasi yang nyaman dijalankan.

8. Masa depan

Tren ponsel pintar saat ini adalah layar sentuh yang besar. Para pengamat melihat Z10 telah masuk ke pasar ini, namun tidak demikian halnya dengan Q10. Bila tren ini terus berlanjut, tidak aneh jika BlackBerry lebih fokus ke pengembangan Z10 daripada Q10.

9. Keyboard virtual

BlackBerry Q10 mengagungkan keyboard fisik yang dianggap lebih mendukung produktivitas. Namun pihak BlackBerry sendiri mengatakan keyboard virtual Z10 nyaman dipakai mengetik. Dan selalu ada pembaruan teknologi untuk meningkatkan kualitasnya.

10. Penampilan

Penampilan BlackBerry Z10 lebih elegan dan modern dibandingkan Q10 yang terkesan sederhana dan jadul karena nampak seperti perangkat-perangkat BlackBerry generasi sebelumnya. Bila penampilan adalah hal penting bagi Anda, Z10 tentu lebih menggiurkan.

Itulah 10 alasan kenapa banyak yang mengatakan BlackBerry Z10 punya masa depan yang lebih baik daripada Q10. Namun, keputusan akhir tetap di tangan konsumen. Masing-masing perangkat punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

(hp)

Comment di sini