8 Fakta Tentang Paus Francis

by

CiriCara.com – Setelah akhir bulan Februari lalu, Paus Benedict XVI resmi mengundurkan diri dari tanggung jawabnya sebagai pimpinan gereja Katolik di seluruh dunia; dan pada tanggal 13 Maret 2013 lalu, para Kardinal St. Peter Basilika telah memilih Jorge Mario Bergoglio untuk menggantikan posisi Paus Benedict XVI, dan akan memegang julukan sebagai Paus Francis I.

Getty Images

Getty Images

Jose menjadi Paus pertama yang lahir di luar Eropa, karena Jorge Mario Bergoglio berasal dari Amerika Selatan dan sudah lama menjabat pada keuskupan di Argentina dan mengawasi gereja-gereja di wilayah Amerika Selatan itu.

Pria 76 tahun ini sebenarnya sudah hampir terpilih menjadi Paus pada pemilihan yang diadakan pada tahun 2005. Namun, baru tahun 2013 ini, dia resmi terpilih menjadi Paus Francis I menggantikan Paus Benedict XVI.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Paus Francis I, berikut adalah 8 fakta tentang dirinya:

1. Awal hidup

Paus Francis I ini lahir di Buenos Aires, Argentina pada tahun 1936. Sekarang dia telah berumur 76 tahun, di mana 2 tahun lebih muda dari Paus Benedict XVI pada saat terpilih. Selain itu, Paus Francis ini merupakan Paus pertama yang berasal dari luar Eropa, yakni Amerika. Meski demikian, ayahnya adalah seorang pekerja jalan kereta di Italia. Paus baru ini memiliki 4 saudara kandung. Dia memiliki cita-cita menjadi ahli kimia, namun, takdir membawanya menjabat sebagai Uskup Agung dan Kardinal.

2. Juara harapan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pada pemilihan Paus tahun 2005 lalu, Paus Francis ini adalah pesaing kuat Paus Benedict XVI dengan mengantongi suara terbanyak kedua. Gagal terpilihnya Paus yang bernama lengkap Jorge Mario Bergoglio ini disebabkan oleh noda kampanye dan pemberitaan buruk pers tentang dirinya sebelum masa pemilihan berlangsung, yang menyebutkan bahwa kampanyenya diprakarsai oleh anggota lain dari Serikat Yesus (Jesuit).

3. Fakta Jesuit

Berikut adalah fakta tentang Jesuit yang disebut-sebut berhubungan dengan Paus Francis yang baru terpilih itu. Jesuit didirikan oleh St. Ignatius Loyola dan 6 murid lainnya dari Universitas Paris, termasuk salah satunya adalah St. Francis Xavier pada tahun 1540, yang namanya dipakai sebagai julukan Paus oleh Jorge.

Maksud dari didirikannya kelompok tersebut ialah untuk memberantas Protestantisme dan mendirikan sekolah. Sedangkan di zaman modern ini, Jesuit sering terlibat dalam urusan Teologi liberal yang memungkinkan perubahan dogma. Tetapi, beberapa masih berpegang teguh pada ajaran pendirinya, dan Paus Francis adalah salah satu di antara yang sedikit.

List Verse

List Verse

4. Julukan Paus Francis

Berbeda dengan sejarah Paus-paus yang menjabat di zaman modern sekarang ini, Jorge memilih nama julukan Paus Francis. Dengan demikian dia adalah orang pertama yang memerintah dengan gelar tersebut. Alasan Jorge memilih nama julukan tersebut ialah untuk mengenang St. Fransiskus dari Asisi. Selain itu, juga untuk mengenang St. Francis Xavier, yang merupakan wakil pendiri Serikat Yesus atau yang lebih dikenal sebagai Jesuit. Di zaman sekarang ini, Jesuit dianggap sebagai Serikat gereja yang sangat liberal. Meski demikian Jorge dianggap sebagai tokoh konservatif masyarakat yang terbilang langka.

5. Sudut pandang politik

Sudut pandang politik antara Paus Benedict XVI dan Paus Francis adalah sama. Mereka sama-sama berasal dari kaum konservatif, yang menentang adanya modernisme gereja yang menuntut mengembalikan dogma gereja yang lama dan mengubah gereja ke bentuk yang lebih sederhana

6. Dituduh terlibat penculikan

Pada tahun 1970, Paus Francis ini dituduh terlibat dalam penculikan 2 orang pendeta Jesuit yang menolak untuk turun dari jabatannya ketika diperintahkan oleh Kardinal Jorge pada saat itu. Kondisi tegang itu disebut sebagai Dirty War, di mana kebrutalan negara dan perang gerilya yang meninggalkan kekejaman melawan pemerintahan konservatif. Kardinal Jorge pada waktu itu, menolak tuduhan tersebut dan tidak dikenai denda apapun.

7. Melarang pernikahan sesama jenis

Paus Francis sangat lantang berkata bahwa dirinya sangat menentang pernikahan sesama jenis, dan dengan berani menentang legislasi Argentina yang berusaha melegalkan pernikahan sesama jenis itu. Bukan hanya itu saja, dia juga menentang adopsi yang dilakukan oleh pasangan sesama jenis. Baginya, peraturan pernikahan sesama jenis dianggap sebagai perang politik yang dapat menghancurkan rancangan Tuhan.

8. Hidup dalam kesederhanaan

Saat menjadi Uskup Agung Argentina, Kardinal Jorge Bergoglio memiliki sebuah istana dan mobil limousine. Tetapi, dia tetap memilih untuk tinggal di apartemen sederhana dan menggunakan bus setiap kali pergi bekerja. Selain itu, dia juga senang memasak sendiri makanan untuk dirinya. Hal-hal itulah yang membuat Paus Francis ini dinilai sebagai pria yang suci dan sangat sederhana.

Itulah 8 fakta tentang Jorge Mario Bergoglio yang kini telah resmi menjabat sebagai Paus Francis I.

(yk)

List Verse


comments powered by Disqus