CiriCara: Cara Menghadapi Penjilat di Tempat Kerja

by

menghadapi penjilat di tempat kerjaCiriCara.com – Setiap perusahan tentunya memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Baik itu dari karyawannya, jenis pekerjaannya, dan lain sebagainya. Tak heran, jika setiap orang yang bekerja itu memiliki keluhan yang mungkin akan diceritakan oleh kerabat terdekatnya. Permasalahan yang dialami seseorang saat di kantor salah satunya adalah berseteru dengan rekan kerjanya.

Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda di depan atasan atau bisa dikatakan sebagai penjilat di tempat kerja. Pernahkah Anda merasa bahwa rekan kerja menjilat atasan dan mengorbankan Anda? Jika iya, maka tentunya akan membuat Anda sakit hati.

Membalas dan menjatuhkan rekan kerja yang suka mencari muka atau penjilat bukanlah solusi yang tepat. Untuk itu, Anda harus tetap tenang saat berhadapan dengannya. Selain itu, ada 5 cara lainnya untuk menghadapi si penjilat di tempat kerja itu. Apa saja?

Inilah cara menghadapi penjilat di tempat kerja:

1. Tetap bekerja secara profesional

Jika orang yang menjatuhkan Anda berusaha mencari kelemahan atau kekurangan, maka sebaiknya tunjukkan profesionalitas dalam bekerja. Bila perlu, Anda tingkatkan lagi kemampuan yang dimiliki sebagai bentuk tanggung jawab pada perusahaan. Cara ini bukan semata mencari perhatian pimpinan, tapi untuk menunjukkan rasa tanggung jawab Anda.

menghadapi penjilat di kantor

2. Menahan emosi atau tak menanggapinya

Menanggapi seseorang yang menjatuhkan Anda tentu tidak akan ada habisnya. Jika ditanggapi, maka di pun akan merasa senang. Ketahuilah bahwa menanggapi bukanlah cara yang tepat karena malah akan memperlebar masalah. Sebaiknya, Anda diamkan saja dan tetap bersikap tenang.

3. Mengajaknya bekerja sama

Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengambil hatinya dengan cara yang positif. Mengajak kerja sama bukan berarti menunjukkan kebencian kepadanya. Namun, cara ini bisa membuat Anda menemukan celah untuk bisa bekerja sama dengannya.

4. Meminta pendapatnya tentang sikapnya itu

Cara ini perlu Anda lakukan sebagai bentuk sindiran tidak secara langsung. Namun, pembicaraan yang dilakukan jangan terlalu terfokus pada kasus yang tengah Anda hadapi. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengetahui apa tujuan si dia menjatuhkan Anda.

5. Jangan membalas perbuatannya

Jika Anda sudah mengetahui tujuan dari perbuatannya itu, maka jangan membalasnya. Tetap jaga hubungan baik dengan rekan kerja. Jangan menganggap rekan kerja sebagai musuh, sekalipun mereka pernah bersikap tidak baik pada Anda.

Itulah cara menghadapi penjilat di tempat kerja. Permasalahan apapun yang ada di tempat kerja, sebaiknya Anda harus menyikapinya dengan kepala dingin. Ciptakanlah suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan agar lebih semangat lagi saat bekerja. (NR)


comments powered by Disqus