CiriCara: Cara Mudah Meredakan Radang Tenggorokan

by
March 14th, 2013 at 10:19 am

radang tenggorokanCiriCara.com – Kondisi cuaca yang tak menentu bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Polusi udara dan tingkat stres yang dirasa juga membuat daya tahan tubuh Anda semakin buruk. Tak heran jika beberapa orang mengeluh berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering dilami orang yaitu radang tenggorokan.

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bagian tenggorokan atau faring yang menjadi radang. Hampir 80% radang tenggorokan disebabkan oleh virus sehingga bisa menyebabkan demam dan 20% lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi, dan rokok.

Seseorang yang mengalami radang tenggorokkan biasanya akan merasa sakit saat menelan, kelenjar lehernya membengkak, bagian tenggorokan berwarna merah cerah dan terdapat berak putih, dan merasakan demam. Jika sudah begitu, maka Anda harus segera mengatasinya.

Kebanyakan orang langsung mencari antibiotik begitu merasakan gejala radang tenggorokan. Padahal, belum tentu radang itu bisa segera teratasi. Ada cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan radang tenggorokan. Apa saja? Dilansir Idiva.com, berikut cara mudah meredakan radang tenggorokan:

1. Perbanyak minum air hangat

Untuk meredakan radang tenggorokan, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah perbanyak minum air hangat. Cairan yang hangat akan menenangkan tenggorokan Anda. Selain itu, hindari untuk meminum sesuatu yang dingin atau asam.

2. Kumur dengan air garam

Cara mudah dan alami untuk meredakan radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam. Anda bisa mencampurkan garam dalam air hangat. Lalu, kumur dengan air tersebut sehari 2 kali.

air kunyit

3. Bicara atau menyanyi seperlunya

Biarkan tenggorokan Anda berisirahat dahulu, Jadi, jangan terlalalu banyak bicara jika sudah merasakan sakit pada tenggorokan. Mengistirahatkan tenggorokan bisa membantu Anda untuk pulih dengan cepat.

4. Mengonsumsi kunyit

Kunyit juga bisa meredakan radang tenggorokan yang dirasa. Caranya, parut kunyit kemudian air hasil perasannya dicampur dengan sedikit garam. Jika sudah tercampur, maka Anda bisa langsung meminumnya.

5. Mengunyah cengkeh

Mengunyah cengkeh bisa mencegah iritasi pada tenggorokan. Walaupun pada awalnya terasa panas, namun nantinya tenggorokan Anda akan terasa lebih baik.

6. Hindari asap dan debu

Jangan biarkan diri Anda terkena asap dan debu karena bisa mengiritasi tenggorokan lebih lanjut. Untuk itu, jauhi rokok atau lingkungan yang penuh dengan asap rokok dan berpolusi.

Itulah cara mudah meredakan radang tenggorokan. Ketahuilah bahwa radang tenggorokan yang tidak segera diatasi tentunya akan membuat kondisi tubuh Anda semakin menurun. Kondisi tubuh menurun juga bisa mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Untuk itu, segera atasi radang tenggorokan dengan tepat dan jaga selalu kesehatan Anda. (NR)

Comment di sini