CiriCara: Cara Tepat Menjaga Kebersihan Lidah

by
March 14th, 2013 at 1:32 pm

kebersihan lidahCiriCara.com – Saat membicarakan kesehatan mulut, gigi biasanya menjadi hal terpenting yang dibahas. Padahal, kesehatan lidah juga sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa orang mungkin jarang memperhatikan itu. Namun, ketahuilah bahwa kebersihan lidah juga sama pentingnya seperti kesehatan gigi.

Ketahuilah bahwa jika lidah tak dijaga kebersihannya, maka bisa menimbulkan lapisan putih yang tipis. Lidah Anda akan berubah menjadi berwarna putih. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menyebabkan masalah bau mulut dan memicu akumulasi bakteri yang bisa berbahaya bagi gigi.

Untuk itu, Anda juga harus menjaga kebersihan lidah setiap hari. Dilansir Boldsky.com, inilah cara tepat menjaga kebersihan lidah:

1. Menggunakan sikat gigi

Anda bisa menggunakan sikat gigi yang lembut untuk menjaga kebersihan mulut. Selain digunakan untuk membersihkan gigi, Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan lidah. Sikat gigi juga bisa membersihkan rahang dan gusi, Dengan begitu, kesehatan mulut Anda akan terjamin.

2. Menggunakan pembersih lidah

Alternatif kedua untuk menjaga kebersihan lidah adalah dengan cara menggunakan pembersih lidah. Pembersih lidah berfungsi untuk menyingkirkan lapisan putih dari lidah. Namun, gunakanlah secara perlahan karena bisa melukai lidah Anda.

Corbisimages

Corbisimages

3. Berkumur setelah makan

Biasakan diri Anda untuk selalu berkumur setelah makan. Cara ini bisa menghilangkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan juga membersihkan lidah.

4. Memakai cairan antiseptik

Setelah menggosok gigi, jangan hanya berkumur dengan air biasa saja. Anda juga disarankan untuk berkumur dengan cairan antiseptik. Selain bisa menghilangkan lapisan pada lidah, cara tersebut juga bisa menghindarkan Anda dari akumulasi gigi dan masalah gigi berlubang.

5. Mengonsumsi makanan untuk kesehatan mulut

Pilihlah makanan yang tepat untuk menjaga kebersihan mulut Anda. Makanan yang bisa Anda konsumsi, antara lain stroberi, lemon, keju, dan apel. Makanan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut dan menjaga gigi tetap putih.

6. Mengonsumsi yoghurt

Ketahuilah bahwa jamur Candida merupakan salah satu penyebab lidah putih. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi yoghurt. Yoghurt merupakan makanan pro-biotik yang bisa membunuh jamur dan mencegahnya untuk tumbuh kembali.

7. Mengonsumsi jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu pengobatan sangat mudah untuk menghilangkan lapisan putih pada lidah dan membuatnya tetap bersih. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan jeruk nipis. Gosokkan campuran itu pada lidah dan gigi Anda. Lalu, bilas mulut dengan air.

8. Memakai kunyit

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa memakai kunyit untuk membersihkan lidah. Caranya, campurkan bubuk kunyit dengan air dan Anda bisa menggunakannya untuk berkumur.

Itulah cara tepat menjaga kebersihan lidah. Jika rajin menjaga kebersihan lidah dan gigi, maka permasalahan pada mulut pun tak akan ada hadapi. (NR)

Comment di sini