Kenapa Jorge Bergoglio Pilih Nama Paus Francis?

by
March 14th, 2013 at 11:24 am

Vatikan (CiriCara.com) – Hari Rabu, 14 Maret 2013 Pukul 01.10 WIB atau hari Rabu, 13 Maret 2013 pukul 18.10 WIB waktu Roma, asap putih mengepul dari cerobong asap Kapel Sistine.

Kepulan asap putih itu menandakan bahwa sang Paus baru pengganti Paus Benediktus XVI telah terpilih.

CBS

CBS

Paus baru yang telah terpilih itu adalah Jorge Mario Bergoglio yang merupakan Kardinal Argentina. Ia akan menggantikan tugas dan jabatan yang sebelumnya diemban oleh Paus Benedictus XVI. Dengan kata lain, ia akan menjadi pemimpin tertinggi umat Katolik yang jumlahnya mencapai 1,2 miliar.

Sebagai seorang Paus yang baru, Bergoglio akan memakai nama Paus Francis. Dilansir dari CBC News oleh Tempo.co, Bergoglio memilih nama Francis karena ingin memberi penghargaan bagi dua orang kudus Katolik: Santo Fransiskus dari Asisi serta Santo Fransiskus Xaverius.

Santo Fransiskus dari Asisi pada tahun 1290 pernah mendirikan Ordo Fransiskan Frias dan dikenal sebagai orang yang menyangkal kekayaan dan memilih tinggal dalam kemiskinan selama ia hidup.

Selama bertugas sebagai uskup di Argentina Selatan, Bergoglio juga sangat dekat dengan kaum miskin. Bergoglio juga tinggal sendiri di apartemennya di luar kota Buenos Aires daripada tinggal di istana keuskupan.

Nama Francis juga digunakan untuk menghormati Santo Fransiskus Xaverius yang merupakan pendiri Yesuit pada abad ke-16 ini. Ia terkenal sebagai seorang misionaris di seluruh Asia. Fransiskus Xaverius menurut catatan telah berhasil  mengajak satu juta orang untuk memeluk Nasrani. (RN)

Comment di sini