Konklaf Tetapkan Jorge Mario Bergoglio Sebagai Paus Baru

by
March 14th, 2013 at 9:10 am

Vatikan (CiriCara.com) – Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi Paus baru untuk memimpin Gereja Katolik Roma lewat prosesi konklaf yang dilakukan sejak Selasa, 12 Maret 2013 waktu setempat.

Bergogilo terpilih pada hari kedua konklaf rahasia. Selanjutnya ia akan menjadi penerus Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada bulan Februari 2013 lalu.

Reuters

Reuters

Terpilihnya Bergoglio ditandai dengan kepulan asap putih dari cerobong asap di Kapel Sistine pada hari Kamis, 14 Maret 2013 pukul 01.10 WIB atau pukul 18.10 waktu Roma. Asap putih menandakan bahwa Paus baru telah terpilih, sedangkan apabila asap hitam yang keluar maka sosok Paus baru belum ditemukan.

Terpilihnya Bergoglio menandakan bahwa ia secara resmi akan menggantikan Benekditus dalam memimpin 1,2 miliar pemeluk Katolik Roma.

Diberitakan oleh CNN lewat Tempo.co, kepulan asap tersebut disambut tepuk tangan yang  meriah dari ribuan umat Katolik yang berkumpul di Lapangan Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Selain itu lonceng-lonceng di sekitar Basilika Santo Petrus juga ikut didentangkan untuk menyambut terpilihnya sang Paus baru. Para warga yang hadir juga berseru “Habemus Papam!” (“Kami Memiliki Paus!”) sambil melambaikan bendera dari seluruh dunia.

Sedangkan nama Paus baru akan diumumkan nantinya di hadapan umat setelah prosesi di Kapel Sistine selesai. Pengumuman ini akan dilakukan oleh Kardinal Jean Louis Pierre Taurann di balkon Basilika.

Jorge Bergoglio secara resmi akan menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan setelah delapan tahun menjabat. Ia adalah Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir. (RN)

Comment di sini