Media Australia: Jokowi, Obama dari Indonesia

by
March 14th, 2013 at 2:20 pm

Jakarta (CiriCara.com)Joko Widodo atau Jokowi, Gubernur DKI Jakarta dikenal luas oleh media internasional. Setelah beberapa waktu lalu masuk dalam media Malaysia, kini namanya juga diberitakan oleh salah satu media online di Australia, TheAustralian.com.au.

Merdeka

Merdeka

Walaupun media itu sedang menyorot Pemilihan Presiden yang akan diadakan pada tahun 2014, tapi nama Joko Widodo ikut disebut. Menurut The Australian, Jokowi sempat disebut sebagai Obama-nya Indonesia.

The Australian/Liputan 6

The Australian/Liputan 6

Jokowi adalah julukan dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Dalam hal pemilihan dia bisa sangat baik menjadi Obama Barack politik Indonesia. Dia adalah kombinasi yang sangat langka, seorang reformis, bersih populer sipil yang menjalankan pemerintahan secara efektif. Sekarang, dia (Jokowi) berada di depan dalam pemilihan presiden dan merangsek semakin kuat. Meskipun ia belum memutuskan apakah akan menjalankan tahun depan,” puji The Australian, Kamis 14 Maret 2013 seperti dikutip oleh Tribunnews.com.

Media tersebut juga menulis bahwa kemenangan Jokowi pada Pemilihan Gubernur Jakarta yang digelar pada tahun lalu termasuk salah satu hal yang luar biasa. Hal tersebut dikarenakan Jokowi sudah menjadi wali kota yang sangat baik dari Solo.

Kemenangan Jokowi dinilai akan menggerakkan politik Indonesia di luar generasi Soeharto. Dituliskan juga dalam media itu bahwa kepopuleran dan demokrasi Jokowi telah melampau korupsi dan oligarki tua.

Meski membahas Jokowi, media itu sempat menyebut Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sebagai calon presiden pengganti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di samping Australia, nama Jokowi juga pernah masuk dalam media Malaysia. Menjelang pemilihan umum yang akan digelar oleh negara itu dalam bulan depan, Jokowi dianggap sebagai contoh pemimpin ideal yang harus dimiliki oleh Malaysia. (RN)

Comment di sini