Ratusan Fosil Telur Dinosaurus Telah Ditemukan

by
March 14th, 2013 at 10:39 am

CiriCara.com – Bagi kamu yang masih meragukan keberadaan dinosaurus di zaman purba kala dulu, temuan terbaru para peneliti berikut ini menjadi bukti nyata bahwa dinosaurus memang pernah menjadi penghuni Bumi tercinta kita ini.

Ilustrasi

Ilustrasi

Dikabarkan oleh Live Science, para peneliti telah menemukan ratusan fosil telur dinosaurus di wilayah sebelah timur laut Spanyol. Dari ratusan fosil telur dinosaurus yang ditemukan itu, terdapat pula 4 jenis dinosaurus yang belum pernah ditemukan sebelumnya di wilayah tersebut.

Menurut para peneliti, fosil telur dan cangkang telur dinosaurus itu berada di lapisan batuan stratigrafi dari formasi geologi Tremp yang terletak di Coll de Nargo provinsi Lleida, Spanyol. Lokasi itu terkenal sebagai lokasi yang berawa selama masa Late Cretaceous Period, yakni zaman yang dipercaya di mana dinosaurus masih menguasai Bumi.

Late Cretaceous Period

Pemimpin penelitian, Albert Gracia Selles dari Institut Palaeontologi Miquel Crusafont Catalan menyampaikan kepada SINC, kantor berita Spanyol; bahwa fosil cangkang telur, telur, dan sarang yang ditemukan itu, sebagian besar mengacu pada telur dan sarang milik dinosaurus jenis Sauropod.

Albert juga menambahkan bahwa hingga sekarang ini, hanya satu jenis tipe telur dinosaurus yang telah didokumentasikan di wilayah tersebut, yakni telur dinosaurus jenis Megaloolithus Siruguei.

Sedangkan, tim penelitinya berhasil menemukan setidaknya 4 spesies lainnya, yakni Cairanoolithus Roussetensis, Megaloolithus Aureliensis, Megaloolithus Siruguei dan Megaloolithus Baghensis. Dan telur-telur milik dinosaurus jenis Megaloolithus diasosiasikan sebagai dinosaurus jenis Sauropod, yakni dinosaurus yang memiliki leher sangat panjang dan tubuh yang sangat besar.

Sauropod

Para peneliti juga menambahkan bahwa kawasan Coll de Nargo merupakan wilayah yang sangat penting bagi habitat dinosaurus di wilayah Eropa pada zaman dahulu. Penelitian mereka telah membuktikan bahwa kawasan tersebut telah dipergunakan oleh beberapa jenis dinosaurus dari masa Late Campanian (sekitar 71 juta tahun lalu) hingga masa Late Maastrichtian (sekitar 67 juta tahun yang lalu).

Masih menjelaskan tentang hasil temuannya, Albert mengatakan bahwa tim penelitiannya belum pernah menemukan fosil sarang dinosaurus sebanyak itu dalam satu wilayah.

Tetapi, dari apa yang didapatnya, Albert juga menambahkan bahwa temuannya itu merupakan bukti bahwa beberapa jenis dinosaurus yang berbeda, hidup bersama dengan berbagi sarang kepada dinosaurus jenis lainnya. Itulah sebabnya ada banyak macam fosil telur dinosaurus dari berbagai spesies.

Mengapa temuan telur tersebut tergolong sebagai temuan besar di dunia penelitian Palaentologi? Penyebabnya adalah dengan ditemukannya fosil telur dinosaurus itu, maka para peneliti seperti Albert dan kawan-kawan akan dapat mengetahui tanggal dan interval waktu yang spesifik tentang lokasi Coll de Nargo tersebut.

“Hal ini memudahkan kami untuk membuat skala biokronologis sehingga mereka dapat menentukan waktu dari lokasi Coll de Nargo tersebut.”, ungkap Albert seperti dikutip dari Live Science.

Hasil penemuan Albert dan kawan-kawan itu telah dipublikasikan melalui jurnal yang berjudul Crustaceous Research.

(yk)

Live Science

Comment di sini