CiriCara: Cara Hemat untuk Anak Kos

by
March 15th, 2013 at 10:20 am

cara hemat untuk anak kosCiriCara.com – Hidup mandiri dan jauh dari orangtua bisa membuat Anda bebas untuk melakukan hal yang diinginkan. Anda jadi bisa melakukan hal apapun dan pergi kemanapun tanpa takut dimarahi oleh orangtua.

Biasanya, orang-orang mandiri itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya karena ingin meneruskan pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik, meneruskan karier yang lebih baik, dan lain sebagainya. Namun, ketahuilah bahwa hidup mandiri itu bisa menjadi beban tersendiri jika Anda tak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Anda bisa saja kekurangan uang setiap bulannya dan meminjam uang ke sana-sini untuk membiayai hidup. Agar tak terjadi seperti itu, sebaiknya Anda harus pintar-pintar mengelola keuangan. Bagaimana caranya? Dilansir Allwomenstalk.com, berikut cara hemat untuk anak kos:

1. Memilih tempat tinggal yang tepat

Jika Anda hidup sendirian di sebuah kota, maka pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan sekolah atau kantor. Tinggal di dekat sekolah atau kantor tentunya akan menghemat anggaran Anda setiap bulannya. Anda tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya transportasi.

2. Menyusun anggaran tiap bulan

belajar hidup hemat

Sisihkan waktu Anda untuk menyusun anggaran setiap bulan. Cara ini untuk mengetahui barang atau hal-hal apa saja yang harus dipenuhi dalam sebulan. Selain itu, cara ini juga untuk mengetahui berapa besar anngaran tiap bulan yang harus Anda keluarkan. Lakukanlah cara ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

3. Membuat makanan sendiri

Membeli makanan di luar memang mudah dan praktis. Namun, tahukah Anda bahwa membeli makanan di luar itu jauh lebih boros daripada memasak? Untuk itu, coba pertimbangkanlah untuk membuat makanan sendiri di tempat kos. Selain untuk memicu Anda belajar memasak, cara ini juga bisa membuat hidup lebih hemat.

4. Cerdas saat belanja

Karena hidup sendiri, Anda disarankan untuk pintar-pintar mengelola uang. Saat ingin berbelanja, cobalah pergi ke pasar swalayan pada hari libur. Biasanya, beberapa pasar swalayan menawarkan banyak potongan harga pada hari tersebut sehingga bisa menguntungkan Anda. Selain itu, gunakanlah uang itu sesuai kebutuhan saja. Jangan membeli barang-barang yang mungkin tak begitu penting untuk Anda.

5. Pertimbangkan untuk membawa mobil

Anda ingin membawa mobil saat hidup mandiri? Coba pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan hal tersebut. Membawa kendaraan pribadi saat kos memang lebih nyaman. Tapi, apakah Anda sanggup mengalokasikan dana untuk membeli bensin, biaya perawatan, dan lain sebagainya? Jika keuangan Anda tak mencukupi, maka lebih baik tak usah mewujudkan keinginan tersebut.

Itulah cara hemat untuk anak kos. Jika Anda bertekad untuk hidup mandiri dan tinggal di rumah kos, maka pandai-pandailah mengelola uang agar kehidupan saat ini dan masa depan lebih terjamin. (NR)

Comment di sini