CiriCara: Cara Memilih Kosmetik yang Ramah Lingkungan

by
March 15th, 2013 at 11:26 am

kosmetik ramah lingkunganCiriCara.com – Sebagai seorang wanita yang peduli dengan penampilan, pastinya Anda sudah sering menggunakan kosmetik dan perawatan kecantikan lainnya. Dan saat ini sudah saatnya Anda memperhatikan dengan seksama jenis kosmetik yang digunakan. Apakah kosmetik dan perawatan kecantikan yang Anda gunakan sudah ramah lingkungan?

Produk-produk kecantikan dan kosmetik yang ramah lingkungan sudah sangat populer di era modern. Banyak para ahli kecantikan yang menyarankan pemakaian produk bukan hanya ramah untuk kulit, tapi juga lingkungan. Lalu, apa sebenarnya arti kosmetik dan produk kecantikan yang ramah lingkungan itu?

Produk kecantikan yang ramah lingkungan atau eco-friendly itu bukan hanya kandungannya saja yang berbahan alami dan tidak mengandung pengawet, bahan kimia berbahaya, atau pewarna buatan. Tapi juga kemasannya bisa didaur ulang atau mudah terurai dalam tanah.

Akan tetapi, saat ini begitu banyak merek kosmetik yang menyatakan bahwa produk mereka ramah lingkungan sehingga cukup membuat Anda kebingungan. Agar tak bingung, CiriCara memiliki beberapa tips untuk memilih produk kecantikan dan kosmetik ramah lingkungan yang tepat.

Dilansir Ourvanity.com, inilah cara memilih kosmetik yang ramah lingkungan:

1. Membaca label kosmetik

perawatan kecantikan ramah lingkungan

Bacalah label terlebih dahulu setiap Anda hendak membeli produk kecantikan. Kosmetik yang ramah lingkungan biasanya tidak menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak esensial dan ekstrak tumbuh-tumbuhan. Namun, ada yang menambahkan bahan pengawet, seperti paraben yang bisa memicu alergi dan bersifat karsinogenik. Selain itu, kosmetik yang ramah lingkungan juga tidak mengandung formaldehyde, tolulene, DBP, natrium lauril, sulfat laureth, propilen glikol, petrolatum, merkuri, timbal, dan lain sebagainya.

2. Bacalah informasi di kemasannya

Kemasan produk kecantikan biasanya juga berisi informasi tentang bagaimana produk itu dibuat atau ramah lingkungan atau tidak. Beberapa merek juga ada yang menawarkan layanan menukar wadah bekas dengan produk yang baru. Bahkan, ada juga yang menawarkan isi ulang wadah yang memang sudah dimiliki oleh si pelanggan.

3. Tidak menguji produk pada hewan

Merek produk kecantikan yang ramah lingkungan tidak menguji pada hewan. Untuk itu, bacalah informasi mengenai pengujian pada hewan untuk merek tertentu yang Anda minati. Bila perlu, tanyakan langsung pada pelayan yang ada di toko tersebut. Biasanya, produk yang ramah lingkungan akan menginformasikan tentang bagaimana mendapat sumber bahan-bahan itu dan apakah mereka mengujinya pada hewan atau tidak.

Itulah cara memilih kosmetik yang ramah lingkungan. Selain mengetahuinya dari ketiga hal tersebut, Anda juga bisa melihatnya dari sertifikasi organik yang dimiliki kosmetik tersebut. Biasanya, terdapat pada kemasannya. Merek kosmetik yang bersertifikat itu tentunya tak boleh menggunakan bahan-bahan yang tidak organik.

Setelah mengetahui tips di atas, apakah Anda mau untuk menggunakan kosmetik dan perawatan kecantikan yang ramah lingkungan?

(NR)

Comment di sini