CiriCara: Cara Mencegah Osteoporosis pada Wanita

by
March 15th, 2013 at 4:55 pm

osteoporosisCiriCara.com – Osteoporosis atau kerapuhan tulang merupakan penyakit tulang yang lazim ditemukan. Kabarnya, wanita lebih rentan mengalami hal tersebut dibandingkan dengan pria. Diperkirakan, dua dari lima wanita berisiko mengalami osteoporosis dan kondisi tersebut banyak terjadi setelah menopause.

Kenapa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis? Sejak awal pria memiliki simpanan mineral tulang yang lebih banyak dan cenderung lebih sedikit kehilangan massa tulangnya. Dilansir dari Health.Kompas.com, Dr, dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, mengatakan bahwa faktor kehamilan dan menyusui juga bisa menyebabkan wanita rentan mengalami osteoporosis.

Faktor risiko osteoporosis lainnya adalah usia tua, ada riwayat dalam keluarga, kurang asupan kalsium, memiliki tulang kecil, jarang berolahraga, merokok, serta mengonsumsi alkohol dan kafein berlebihan. Proses pengeroposan tulang pada wanita juga akan meningkat tajam setelah usianya di atas 50 tahun.

Lalu, adakah cara untuk mencegah osteoporosis? Dilansir Boldsky.com, berikut cara mencegah osteoporosis pada wanita:

1. Mengontrol berat badan

Obesitas merupakan teman baik dari osteoporosis. Untuk itu, pastikan Anda selalu menjaga berat badan agar tulang tidak terlalu banyak berada di bawah tekanan.

2. Jangan berdiet ketat

berolahraga

Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, ketahuilah bahwa menurunkan berat badan dengan cepat merupakan salah satu hal terburuk karena bisa membahayakan kesehatan Anda. Selain itu, diet seperti itu juga bisa membuat tubuh jadi kehilangan nutrisi penting, seperti kalsium.

3. Mengonsumsi kalsium

Osteoporosis bisa disebabkan karena kekurangan kalsium. Wanita cenderung lebih mudah kehilangan kalsium di dalam tubuhnya. Untuk itu, konsumsilah berbagai makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan lain sebagainya.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Tanpa vitamin D tubuh tak bisa memproses kalsium. Untuk mendapatkan vitamin D itu, Anda bisa berjemur di bawah terik matahari pada pagi hari.

5. Jangan abaikan nyeri yang dirasa

Ketahuilah bahwa setiap nyeri tubuh yang terjadi secara terus-menerus, terutama nyeri sandi bisa memicu osteoporosis. Jika sudah begitu, maka lebih baik Anda pergi ke dokter untuk melakukan tes tulang.

6. Rajin berolahraga

Rajin berolahraga bisa menjaga tulang tetap fleksibel. Perlu Anda ingat bahwa segala sesuatu yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa berkarat. Hal tersebut juga bisa terjadi pada tulang Anda. Untuk itu, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya selama 30 menit.

7. Mengonsumsi suplemen berkalsium

Hormon esterogen yang melindungi tulang Anda akan berkurang sebagian besar jika mengonsumsi suplemen berkalsium. Untuk itu, mulailah mengonsumsi suplemen berkalsium setelah Anda tak lagi menstruasi.

Itulah cara mencegah osteoporosis pada wanita. Bagaimanapun juga, kesehatan tulang itu perlu dijaga. Jika tidak, maka tulang akan keropos sehingga Anda bisa mengalami osteoporosis. (NR)

Comment di sini