CiriCara: Cara Menyiasati Mahalnya Harga Bawang

by
March 15th, 2013 at 1:42 pm

Bawang MahalCiriCara.com – Belakangan ini harga bawang di pasaran mulai merangkak naik mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Hal ini tentu membuat para konsumen kelimpungan, terutama ibu rumah tangga. Bagaimana cara menyiasatinya agar tidak mengganggu keuangan keluarga?

Naiknya harga bawang merah dan bawang putih tentu membuat konsumen resah. Apalagi bawang merupakan bahan utama pembuat bumbu masakan. Kalau sudah begini, terpaksa Anda harus mengatur siasat agar tetap hemat.

Berikut cara menyiasati mahalnya harga bawang:

1. Beli secara eceran

Untuk menghemat pengeluaran keluarga, Anda sebaiknya membeli bawang dengan cara mengecer. Meski jumlah bawang yang didapat sedikit, setidaknya pengeluaran bisa tetap terjaga. Anda bisa membeli bawang per ons agar harganya lebih murah.

2. Kurangi pemakaian

Agar persediaan bawang tetap awet, Anda harus mengurangi jumlah pemakaiannya. Yang tadinya 5 butir/siung, bisa dikurangi menjadi 3 butir/siung saja. Pengurangan ini tentu akan berimbas pada rasa masakan, namun strategi ini ampuh untuk berhemat.

3. Pengganti bawang

Menanam bawang merah

Menanam bawang merah

Penggunaan bawang sebenarnya tidak bisa digantikan, namun ada beberapa bahan dapur yang bisa digunakan saat bawang tidak ada atau mahal. Bahan dapur tersebut adalah, daun bawang, bawang bombay, seledri, dan adas. Bahan dapur tersebut mempunyai aroma yang hampir sama dengan bawang merah dan bawang putih.

4. Mengolah bawang

Untuk lebih hemat, bawang bisa diolah menjadi minyak bawang. Cara membuatnya, cincang 5 siung bawang putih atau 5 butir bawang merah. Panaskan 2-3 sendok makan minyak, tumis bawang tadi hingga wangi. Masukkan bawang tumis tadi ke dalam minyak 200 ml, aduk agar tercampur rata. Minyak bawang ini bisa Anda gunakan untuk memasak beberapa masakan.

5. Bercocok tanam

Menanam bawang sendiri bisa menjadi cara Anda untuk berhemat saat harga bawang mulai naik. Anda bisa memanfaatkan tanah di halaman belakang rumah untuk menanam bibit bawang. Jika hasil panennya banyak Anda juga bisa menjualnya.

Itulah beberapa cara menyiasati mahalnya harga bawang merah dan bawang putih yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini