CiriCara: Ciri-ciri Urine Penderita Gangguan Ginjal

by
March 15th, 2013 at 1:38 pm

tes urineCiriCara.com – Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urine. Jika terdapat pemasalahan pada ginjal Anda, maka bisa dideteksi dari urine. Urine yang sehat biasanya akan berwarna kuning jernih hingga kuning pucat.

Dilansir Health.Detik.com, dr. Parlindungan Siregar, SpPd-KGH, dari Divisi Ginjal dan Hipertensi Departemen Penyakit Dalam FKUI mengatakan bahwa tes urine merupakan cara yang paling sederhana dan bisa dipercaya untuk mengetahui apakah orang itu memiliki permasalahan pada ginjalnya atau tidak.

Lalu, Apakah terdapat masalah pada ginjal Anda? Untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat dari urine yang dikeluarkan. Dilansir sumber yang sama, inilah ciri-ciri urine orang yang memiliki gangguan pada ginjalnya:

1. Urine yang dikeluarkan sedikit

Pada orang yang memiliki gangguan ginjal, biasanya jumlah urine yang dikeluarkan lebih sedikit dari biasanya. Namun, sebagian orang yang memiliki gangguan ginjal tahap awal biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala biasanya tak bisa dilihat secara kasat mata.

urine penderita ginjal

Thinkstockphotos

2. Warna urine berubah

Warna urine yang dikeluarkan seseorang yang memiliki gangguan ginjal biasanya berwarna merah atau kecokelatan seperti minuman bersoda. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kemungkinan ada darah dan warnanya menjadi keruh karena terjadinya infeksi. Selain itu, dilansir sumber yang sama, dr. Tunggul D Situmorang, SP. PD-KGH, ahli ginjal yang juga direktur RS MRCCC Siloam menambahkan bahwa urine bisa berbusa jika ada protein yang bocor.

3. Terdapat eritrosit dan leukosit

Untuk mengetahui hal tersebut, diperlukan uji urine di laboratorium. Di laboratorium, akan diperiksa apakah ada eritrosit dan leukosit di dalam urine.

Itulah ciri-ciri urine penderita gangguan ginjal. Selain bisa dilihat melalui urine, gangguan ginjal juga bisa dideteksi dari fungsi ginjal lainnya yang terganggu. Gangguan itu antara lain, darah menjadi lebih asam, tekanan darah tinggi, Hemoglobin rendah, anemia, mudah lelah, tubuh sering terasa sakit, penimbunan cairan, mata terlihat cekung, dan mulut kering. Ketahuilah bahwa kerusakan ginjal lebih sering diakibatkan karena ada penyakit kronik lain, seperti diabetes, darah tinggi, infeksi ginjal, ginjal bawaan, dan batu ginjal. (NR)

Comment di sini