Jasad Hugo Chavez Batal Diawetkan Karena Sudah Membusuk

by
March 15th, 2013 at 11:46 am

CiriCara.comPresiden Venezuela, Hugo Chavez telah meninggal dunia pada 5 Maret 2013 lalu. Hal itu membawa duka tersendiri bagi rakyat Venezuela yang tampaknya sangat mencintai sosok pemimpin yang tegas dan rendah hati seperti Chavez itu.

Reuters

Reuters

Karena Chavez sangat dicintai rakyatnya dan dianggap sebagai orang yang membawa pengaruh, sempat direncanakan bahwa jasad Chavez akan dibalsem untuk diawetkan sehingga dapat terus dilihat dan dikenang oleh publik.

Sayangnya, keputusan untuk mengawetkan jasad Chavez terlambat diungkapkan. Alhasil, jasad presiden Venezuela itu tidak dapat diawetkan lagi karena sudah membusuk.

Dilansir dari Daily Mail, keputusan untuk mengawetkan jasad Chavez baru disampaikan setelah 2 hari dari hari meninggalnya Chavez.

Para ahli pengawet mayat dari Rusia dan Jerman pun sudah dilibatkan dalam hal ini, tapi mereka mengatakan mustahil untuk mengawetkan jasad Chavez yang sudah membusuk.

Menurut petugas pengawetan mayat asal Kolombia, Camilo Jaramillo mengatakan jika jasad seseorang hendak diawetkan, jasad tersebut harus disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu mencapai 5 derajat Celcius, supaya tidak membusuk.

AFP/Getty Images

AFP/Getty Images

Sebagian besar rakyat Venezuela mengharapkan supaya jasad Chavez yang masih disemayamkan di museum kemiliteran itu, bisa diawetkan seperti jasad para pimpinan besar lainnya seperti Mao Zedong, Ho Chi Minh, dan Vladimir Lenin.

Sedangkan Camilo merasa bingung dengan keputusan untuk mengawetkan jasad orang nomor 1 di Venezuela itu. Pasalnya, jika dilihat dari beberapa rekaman video sebelum Chavez meninggal, Camilo mengatakan bahwa Chavez tidak ingin diawetkan jika sudah meninggal, dia ingin supaya jasadnya dimakamkan di Sabaneta, kampung halamannya.

Pendapat lain pun diungkapkan oleh Nicolas Maduro, orang yang bertindak sebagai presiden walaupun belum resmi dipilih oleh komisi pemilihan Presiden.

Maduro mengungkapkan seharusnya putusan untuk mengawetkan jasad Chavez dikeluarkan lebih awal sebelum jasadnya mulai membusuk seperti sekarang. Maduro mengungkapkan hal itu pada pidatonya dalam acara pameran buku yang diselenggarakan pemerintah.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini