Koin Kuno Berumur 600 Tahun Ditemukan di Kenya

by
March 15th, 2013 at 10:39 am

Chicago (CiriCara.com) – Para peneliti sedang gencar menganalisa tentang kehidupan sejarah di masa lalu. Sebelumnya telah diberitakan bahwa ada ratusan fosil telur dinosaurus ditemukan di Spanyol. Kini, para peneliti asal Illinois, AS mengaku bahwa mereka telah menemukan koin China kuno yang langka dan ditaksir berumur 600 tahun.

Koin kuno tersebut ditemukan di pulau Manda, Kenya. Ekspedisi tersebut dipimpin oleh Chapurukha Kusimba dari museum Chicago, dan juga Sloan Williams dari Universitas Illinois-Chicago. Di dalam ekspedisi tersebut, juga terlibat para ilmuwan dari Kenya, Pennsylvania dan Ohio.

AP

AP

Menurut para peneliti, dengan ditemukannya koin China kuno yang berumur 600 tahun itu, membuktikan bahwa perdagangan antara China dan wilayah timur Afrika memang benar ada selama beberapa dekade sebelum pelayaran para penjelajah Eropa.

Dilansir dari Huffington Post, koin kuno tersebut terbuat dari bahan tembaga dan perak. Selain itu, ada lubang berbentuk kotak di bagian tengah koin tersebut, yang menunjukkan bahwa koin itu dipasangkan pada ikat pinggang.

Tidak hanya itu saja, dari hasil pengamatan pada bentuk fisik koin tersebut, para peneliti dapat mengetahui bahwa koin tersebut dikeluarkan oleh Kaisar China, Yongle, karena namanya tertulis pada koin tersebut.

Selain koin China kuno itu, mereka juga menemukan sisa-sisa manusia dan beberapa artefak yang diduga berumur lebih tua dari koin kuno tersebut dan dipergunakan para manusia zaman dahulu itu. Semua hasil temuan itu diumumkan oleh Field Museum di Chicago pada Rabu (13/3/13) lalu.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini