Penyebab Panasnya Suhu Jakarta Pekan Ini

by
March 15th, 2013 at 2:45 pm

ciricara.com-cuaca jakarta panasJakarta (CiriCara.com) – Pekan ini, suhu Ibukota Jakarta memang sangat panas. Hampir seluruh penduduk kota Jakarta bisa merasakan perubahan suhu udara yang sangat ekstrim ini.

Menurut Bidang Komunikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa alasan kenapa Ibukota Jakarta dilanda cuaca panas selama pekan ini.

Alasan pertama yang mendasari kenaikan suhu adalah gejala astronomi. BMKG mengatakan bahwa saat ini matahari sedang bergerak di posisi terdekat dengan garis ekuator, oleh karena itu, daerah di sekitar garis tersebut akan mendapat radiasi panas maksimal termasuk Indonesia.

Alasan lain adalah mulai masuknya Jakarta ke masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau sehingga tingkat kelembaban di Ibukota juga tinggi.

Selain itu, kelembaban suhu udara yang tinggi menyebabkan awan jarang muncul dan udara panas menjadi stabil atau tidak bergeser dari titik yang satu ke titik lainnya.

Tapi anehnya ketika menjelang sore hari, cuaca berubah drastis menjadi hujan. Beberapa wilayah Jakarta diguyur hujan lebat yang disertai oleh angin kencang. Menurut BMKG, ini adalah salah satu ciri masa transisi.

Di seluruh Jakarta, pola seperti ini masih akan terus berlaku kecuali di Kepulauan Seribu. Di kepulauan itu, hujan malah turun sejak pagi hingga sore hari.

Lalu kapan cuaca panas menyengat seperti ini akan berlalu dari Ibukota Jakarta?

“Meskipun prakiraan masa transisi pada April, bisa saja suhu panas ini berlangsung hingga sepekan ke depan. Semua masih tergantung dinamika cuaca,” ujar Hariadi, Kepala Bidang Dini Cuaca Ekstrem BMKG seperti dikutip oleh Kompas.com, Kamis, 14 Maret 2013.

Sebagai tambahan, menurut data BMKG, dari hari Kamis hingga Jumat hari ini, cuaca di Jakarta akan berpotensi turun hujan ringan dengan suhu 24 hingga 34 derajat celcius  dan kelembaban berkisar antara 58 persen hingga 90 persen. (RN)

Comment di sini