6 Penyebab Cegukan dan Cara Mudah Mengatasinya

by

cegukanCiriCara.com – Siapa yang tak pernah mengalami cegukan? Kondisi seperti itu hampir sebagian besar dialami oleh orang hingga cukup mengganggu aktivitasnya. Cegukan terjadi karena adanya kontraksi tiba-tiba yang tidak sengaja pada diafragma dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit.

Secara medis, cegukan dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan.

Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan cegukan. Apa saja? Berikut 6 penyebab cegukan:

1. Makan terlalu banyak.

2. Makan terburu-buru.

3. Menelan terlalu banyak udara.

4. Merokok.

5. Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin.

6. Stres atau emosi yang tinggi terkadang juga memicu cegukan.

meminum air dingin

Cegukan normal biasanya terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Lalu, ada juga cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Selain itu, ada cegukan yang bertahan lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan.

Ragam cegukan yang dirasa itu, sebaiknya harus segera diatasi. Berikut cara mudah mengatasi cegukan:

1. Menahan napas dan menghitung perlahan sampai hitungan ke-10.

2. Meminum air tanpa bernapas. 

3. Bernapas berulang kali ke dalam kantong kertas dalam jangka waktu terbatas.

4. Meminum segelas air dingin.

5. Makan 1 sendok teh gula atau madu.

Itulah penyebab dan cara mudah mengatasi cegukan. Jika cegukan itu tak berhenti dalam beberapan jam hingga berhari-hari, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter karena hal tersebut merupakan gejala penyakit yang serius.

Untuk mengetahui tips kesehatan lainnya, Anda bisa lihat di sini. (NR)


comments powered by Disqus