CiriCara: Cara Agar Bersemangat Kerja di Hari Senin

by
March 18th, 2013 at 10:53 am

semangat bekerjaCiriCara.com – Saat menyambut hari Senin, biasanya sebagian besar orang merasa malas untuk memulai aktivitasnya. Suasana hati jadi tidak menyenangkan dan tak bersemangat. Lalu, apa penyebabnya?

Saat hari libur, Sabtu dan Minggu biasanya sejumlah orang mengisinya untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, liburan, pergi belanja, atau bermalas-malasan di rumah. Namun, hal tersebut akan berakhir mengingat esok adalah hari Senin, di mana harus kembali bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Tak jarang, beberapa orang melontarkan kalimat “I hate Monday”. Apakah Anda merasakan dan mengatakan hal tersebut ketika ingin mengawali hari kerja? Jika iya, maka ada beberapa tips untuk mengatasinya. Dilansir Savvysugar.com, berikut cara agar bersemangat kerja di hari senin:

1. Melakukan hal produktif pada hari libur

Jika Anda terbiasa bermalas-malasan atau hibernasi pada hari libur, maka cobalah untuk mengubah kebiasaan itu. Biasakan diri Anda untuk melakukan hal-hal produktif. Misalnya, bangun pagi lalu berolahraga bersama teman atau keluarga. Selain bisa mengurangi rasa malas, cara ini juga bisa menyehatkan Anda. Dengan melakukan hal produktif pada hari libur tentunya Anda akan bersemangat untuk kembali bekerja pada hari Senin.

2. Menyemangati diri sendiri

semangat

Beberapa orang sering mengeluh saat menghadapi kenyataan bahwa besok adalah hari Senin. Pada kenyataannya, keluhan itu tak akan memberikan perubahan apapun. Namun, malah menambah rasa malas Anda. Untuk itu, usahakanlah menyemangati diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekeliling Anda. Selain itu, berpikirlah positif yang kemungkinan akan terjadi di kantor.

3. Mengurangi pekerjaan di hari Senin

Usahakan agar tak terlalu banyak beban pikiran dan pekerjaan pada hari Senin. Hal tersebut untuk menghindari rasa malas saat di kantor. Jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, maka kerjakanlah sebagiannya pada hari Jumat. Dengan begitu, pada hari Senin nanti Anda bisa sedikit rileks dan tak terburu-buru dalam bekerja.

4. Membuat rencana untuk satu minggu ke depan

Saat hari libur, coba buat rencana aktivitas yang akan dilakukan selama satu minggu ke depan. Prioritaskanlah tugas Anda yang lebih penting yang harus segera diselesaikan. Selain itu, tambahkan juga jadwal untuk memanjakan diri sendiri, seperti creambath di salon, menonton film di boskop, dan lain sebagainya. Cara ini bisa membantu Anda untuk lebih bersemangat bekerja lagi pada hari Senin.

5. Memasak makanan spesial

Anda juga bisa memanfaatkan hari libur itu untuk memasak makanan spesial. Buatlah makanan yang sehat dan bernutrisi. Bila perlu, bawalah makanan itu ke kantor sehingga bisa memanjakan diri dengan makan makanan yang lezat dan bernutrisi. Dengan begitu, Anda sehat dan bersemangat untuk bekerja.

Itulah cara agar bersemangat kerja di hari Senin. Mengawali hari sebaiknya dilakukan dengan perasaan senang dan berpikir positif. Tujuannya adalah agar hari-hari berikutnya Anda tetap bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas. (NR)