CiriCara: Cara Membuat Kepiting Saus Tiram

by
March 18th, 2013 at 5:07 pm

kepiting saus tiramCiriCara.com – Salah satu jenis hewan laut yang sangat lezat jika dijadikan masakan adalah kepiting. Banyak orang yang sangat suka menyantapnya jika sudah diolah menjadi sebuah masakan yang lezat. Semula, beberapa orang ragu untuk menyantap kepiting karena masih meragukan status halal.

Namun, pada tahun 2002 MUI sudah menyatakan bahwa kepiting itu halal untuk dikonsumsi sepanjang tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia. Semenjak itu juga banyak restoran seafood yang menawarkan hidangan kepiting.

Kepiting bisa ditambahkan dengan sayuran, daging, dan aneka bumbu untuk membuatnya semakin lezat. Beberapa jenis masakan yang berbahan dasar kepiting yaitu, kepiting saus tiram, asam manis, saus padang, lada hitam, dan lain sebagainya. Biasanya restoran mematok harga masakan kepiting cukup mahal.

Daripada Anda jajan dan membelinya di luar, lebih baik buat sendiri saja di rumah. Anda mau mencobanya? Berikut cara membuat kepiting saus tiram yang lezat:

Resep kepiting saus tiram

Bahan:

- 2 ekor kepiting, belah menjadi dua dan buang kakinya

- 1 sendok makan air perasan jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu:

- 1 sendok makan minyak

- 2 sendok makan margarin

- 2 siung bawang putih (dicincang halus)

- 1 buah bawang bombay (iris tipis memanjang)

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 3 sendok makan saus tiram

- 2 sendok makan kecap asin

- 1 sendok makan saus tomat botolan

- 100 ml air

Cara membuat:

1. Lumuri kepiting dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Lalu, Anda bisa mendiamkannya selama 15 menit.

2. Setelah didiamkan selama 15 menit, goreng kepiting dengan api sedang hingga matang dan kering. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

3. Saat kepiting ditiriskan, Anda bisa menumis bumbu-bumbu lain. Caranya, panaskan minyak dan margarin, kemudian tumis bawang putih dan bombay hingga terasa harum.

4. Setelah terasa harum, Anda bisa menambahkan air dan bumbu-bumbu yang lain. Aduk terus hingga mendidih.

5. Ketika sudah mendidih, Anda baru bisa memasukkan kepiting yang sudah digoreng tadi. Aduk hingga kepiting tercampur dengan bumbu dan airnya menyusut. Lalu, angkat.

6. Sajikan di atas piring dan untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menambahkan potongan tomat dan selada.

Itulah cara membuat kepiting saus tiram. Sangat mudah, bukan? Daripada Anda membelinya di restoran seafood, lebih baik membuatnya sendiri saja di rumah. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini