CiriCara: Cara Mudah Mengatasi Sakit Punggung

by
March 18th, 2013 at 12:15 pm

sakit punggungCiriCara.com – Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang hampir sebagian besar dialami oleh orang. Dalam setahun, setidaknya ada sepertiga populasi dunia yang mengeluh sakit pada punggungnya. Bahkan, rasa sakit itu bisa membuat seseorang membatasi aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Lalu apa penyebabnya?

Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri, dan mengangkat barang yang terlalu berat. Jika Anda sudah merasakan nyeri, maka segera atasi dengan cepat. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 cara mudah mengatasi sakit punggung:

1. Mengganti posisi duduk setiap saat

Jika pekerjaan menuntut Anda untuk selalu duduk selama kurang lebih 8 jam, maka cobalah berbagai posisi duduk dan menggantinya setiap saat. Misalnya, duduk dengan kaki yang luruskan atau ditekuk sehingga telapak kaku menyentuh roda kursi. Selain itu, sesekali Anda juga disarankan untuk berjalan meninggalkan meja kerja untuk mengurangi nyeri punggung yang dirasa.

2. Menggunakan sepatu yang nyaman

Pastikan Anda menggunakan sepatu berkualitas yang mendukung kontur kaki jika pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri sepanjang hari. Ketahuilah bahwa mekanika tubuh dimulai pada saat kaki Anda menyentuh tanah. Jadi, menggunakan sepatu yang tidak memiliki hak sangat dianjurkan untuk Anda pakai.

3. Mengangkat barang semampunya

Mengangkat barang dengan berat lebih 4,6 Kilogram secara berulang-ulang bisa membuat punggung Anda sakit. Hal tersebut dikarenakan ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi stres dari berat. Ketahuilah bahwa tidak mampu dan tetap memaksa untuk mengangkatnya akan menyebabkan ketidakseimbangan otot.

peregangan di kantor

4. Beristirahat

Istirahat bisa menjadi obat terbaik ketika Anda merasakan nyeri pada punggung. Beristirahat di sini maksudnya adalah Anda disarankan untuk berbaring selama 48 jam. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan aktivitas lagi seperti biasa.

5. Kompres es batu atau air hangat

Meskipun belum ada penelitian resmi tentang cara ini, namun beberapa orang menggunakan kompres es batu atau air hangat untuk mengatasi sakit pada punggung. Kompres bisa memberikan dampak baik karena secara bertahap sakit punggung akan segera membaik.

6. Berolahraga ringan

Berolahraga ringan juga bisa membuat Anda meringankan sakit punggung yang dirasa. Saat sakit punggung di kantor, Anda bisa sedikit melakukan peregangan otot. Caranya, sandarkan punggung hingga menempel tegak pada bangku. Pastikan kedua telapak kaki menempel pada lantai. Lalu, buka lebar lutut dan pastikan kedua telapak kaki berada tepat sejajar di bawah lutut. Tekuk pinggang ke depan, rebahkan kepala di antara kedua paha. Biarkan kedua tangan berada di atas kepala, lalu ke bawah hingga menempel di lantai. Biarkan beberapa saat hingga nyeri yang dirasa sedikit hilang. Selain itu, gerakan pada yoga juga bisa mengatasi sakit punggung yang dirasa.

7. Akupuntur

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa akupuntur efektif menyembuhkan penyakit kronis yang diderita seseorang. Memang belum terbukti bahwa akupuntur bisa meredakan sakit punggung. Namun, tak ada salahnya dicoba sebab sudah banyak orang yang membuktikan akupuntur mampu mengatasi masalah sakit punggung.

Itulah cara mudah mengatasi sakit punggung. Jangan membiarkan sakit punggung yang dirasa. Jika rasa sakit berlangsung lebih dari dua minggu, maka otot tulang belakang akan mulai melemah. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih sakit karena otot-otot tidak mampu mengikat tulang belakang dengan erat. Untuk itu, segera atasi jika punggung sudah mulai terasa nyeri atau sakit. (NR)

Comment di sini