Perbandingan Samsung Galaxy S IV dan Galaxy S III

by
March 18th, 2013 at 5:06 pm

galaxy-s-4-s3CiriCara.comSamsung Galaxy S4 kini sudah meluncur dan memang benar-benar mengesankan sesuai harapan kita. Saat peluncuran di Radio City Music Hall, New York kemarin, Samsung mengulas banyak hal tentang software terbarunya seperti S Health, Story Album, dan WatchOn. Namun yang kita nantikan adalah mengenai hardware yang menjalankan seluruh kemampuan Galaxy S4 ini.

Hal ini sangat penting sebab, apakah peningkatan yang terdapat di Galaxy S4 sebanding dengan harga yang dibayar untuk perangkat canggih ini. Bila upgrade performa tidak pesat maka orang akan tetap pada pilihan Galaxy S III yang tentu saja jauh lebih murah. Saat ini Galaxy S3 masih jadi smartphone favorit yang meluncur melalui banyak operator dan memegang berbagai penghargaan sebagai smartphone unggulan pilihan editor.

Memang jelas adanya bahwa Galaxy S4 unggul secara hardware, namun apakah upgrade ini cukup untuk menggugah pengguna Galaxy S3 membayar lebih mahal guna melompat ke Galaxy S4? Atau bagaimana bila Anda sedang membutuhkan smartphone sekarang dan tidak bisa menunggu Galaxy S4 turun ke pasaran pada bulan April? Mari lebih dulu kita lihat perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3 di bawah.

pcmag

pcmag

Mari kita lihat desain bentuknya, Galaxy S III masih terlihat modern dan canggih, namun memang Galaxy S4 terlihat lebih modern. Galaxy S4 berukuran 5,38 inchi x 2,75 inchi dengan ketebalan 0,31 inchi dan berat 4,59 ons, sedangkan Galaxy S3 sedikit lebih pajang, lebar, tebal, dan berat dari Galaxy S4. Kedua smartphone ini terbuat dari bahan utama plastik kecuali layarnya.

galaxy-s4-vs-galaxy-s3-3

Bicara soal layar, Galaxy S3 memajang layar sentuh Super AMOLED berukuran 4,8 inchi dengan resolusi 1280×720 piksel dan lapisan Gorilla Glass 2. Sedangkan Galaxy S4 dengan ukuran unit yang lebih kecil memamerkan ukuran layar Super AMOLED yang lebih besar yakni 5 inchi dengan resolusi 1920×1080 piksel sehingga mencapai kepadatan piksel hingga 441 piksel tiap satu inchinya. Tidak lupa lapisan anti gores Gorilla Glass 3 serta teknologi pengaturan temperatur warna secara otomatis sesuai dengan konten yang sedang ditampilkan di layar.

Di balik layar indah Galaxy S4 tertanam prosesor liar quad-core 1.9GHz Qualcomm Snapdragon 600 atau proseor Exynos 5410 octa-core tergantung versi pasar yang akan diluncurkan. Dengan Exynos yang memiliki delapan inti prosesor, pekerjaan terbagi dua, saat pekerjaan berat prosesor quad-core ARM Cortex-A15 1.6 Ghz digunakan, namun saat pekerjaan ringan saja prosesor quad-core ARM Cortex-A7 1.2 Ghz yang lebih hemat daya mengambil alih pekerjaan. Jadi menurut versi manapun, prosesor Galaxy S4 unggul jauh di atas Galaxy S3.

Dari sisi koneksi, kedua smartphone Android ini masih agak imbang, sama-sama menghadirkan koneksi 4G LTE atau HSPA+ 42 radio super cepat, NFC, Bluetooth 4.0, dan MHL. Namun Galaxy S4 menambahkan dukungan Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac tidak seperti Galaxy S3 yang masih 802.11b/g/n. Di luar spesifikasi ini secara koneksi mereka terbilang sama.

Dari segi firmware, Galaxy S4 juga unggul dengan Android Jelly Bean terbaru versi 4.2.2, di mana Galaxy S3 masih menggunakan Android Jelly Bean 4.1. Walau kemungkinan nantinya bisa di-update, namun saat ini baru Galaxy S4 yang bisa menikmati aplikasi Google Now terbaru, dukungan Miracast untuk memutar video nirkabel, dan juga Photo Sphere, aplikasi terbaru Android yang memampukan kita memotret secara 360 derajat vertikal dan horisontal.

Di sisi kamera Galaxy S4 menancapkan kamera 13 MP di bagian belakang dan 2 MP di depan. Dua kamera ini juga dapat berfungsi secara bersamaan membuat foto dalam foto dan juga video. Memang lompatan yang cukup jauh jika dibandingkan dengan Galaxy S3 yang memiliki kamera utam 8 MP dan kamera depan 1 MP saja.

Pergunjingan hardware hingga tahap ini tentunya telah menunjukkan bahwa ada beberapa upgrade besar yang terjadi, namun bukan berarti Galaxy S III sudah kuno, karena dibandingkan beberapa perangkat sekelas, Galaxy S III masih tetap unggul. Galaxy S4 akan turun ke pasaran terlebih dahulu lewat 4 operator besar di Amerika Serikat AT&T, Sprint, T-Mobile, dan Verizon Wireless pada triwulan kedua tahun ini.

Tidak akan lama tentunya Samsung juga akan meluncurkan Galaxy S4 di pasaran , mengingat penggemar seri Galaxy S di Tanar Air pun sudah terbilang banyak. (LH)

Comment di sini