Polda Metro: Ada 3 level preman di Jakarta

by
March 18th, 2013 at 9:32 am

premanJakarta (CiriCara.com) – Preman yang menjalankan operasinya di Jakarta diduga terdiri dari 3 level menurut ukuran operasi.

Juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto seperti diberitakan Tempo mengungkapkan preman yang berada di level terbawah adalah mereka yang beroperasi di pasar atau terminal.

Para preman di level ini tidak memiliki organisasi dan jumlahnya biasanya hanya segelintir namun mereka umumnya memiliki kelompok tertentu. Target utama operasi mereka adalah masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi, biasanya pedagang.

Satu level di atas preman pasar atau terminal adalah preman yang kerap menjadi penjaga tempat-tempat hiburan malam atau tukang parkir yang bertugas di tempat-tempat kecil hingga menengah. Preman-preman ini, menurut Rikwanto, memiliki wilayah kekuasaan tertentu.

Preman level menengah  umumnya lebih rapi dalam menjalankan operasi karena sudah terorganisasi. Preman-preman ini bisa merekrut orang-orang untuk memperbesar massa. Bahkan Rikwanto mengatakan mereka bisa membentuk “perusahaan” guna memperlancar bisnis.

Kemudian level teratas dihuni oleh preman-preman kelas berat yang seringnya menjadi tukang pukul para orang besar. Mereka juga menguasai lokasi-lokasi parkir dalam skala besar. Preman yang paling elite ini memiliki organisasi yang sangat profesional. Bahkan menurut Rikwanto kelompok preman ini sukar dilacak karena sangat terorganisasi.

Masalah preman lagi-lagi disorot publik setelah Hercules ditangkap pihak kepolisian pada Jumat (8/3) setelah 5 orang anak buahnya merusak kompleks pertokoan milik PT Tjakra Multi Strategi. Polisi yang mendapat laporan menangkap Hercules dan sekitar 50 orang anak buahnya di Kembangan, Jakarta Barat.

(hp)

Comment di sini