Spesifikasi Canggih Galaxy S IV Buat iPhone 5 Terasa Kuno

by
March 18th, 2013 at 4:36 pm

3-18-2013 4-15-40 PMCiriCara.com – Dengan ramainya publikasi mengenai gadget Samsung terbaru yakni Samsung Galaxy S4, membuat pesaingnya, Apple dengan iPhone 5-nya, menjadi berita lalu yang sudah masam. Melalui pemasaran besar-besaran, smartphone Android dengan layar 5 inchi dan prosesor 8 core ini akan menyaingi kesuksesan iPhone. Galaxy S4 juga dikabarkan akan menjangkau lebih banyak lokasi penjualan dengan dukungan 327 operator seluler yang tersebar di 55 negara.

Menurut Samsung, perangkat ini akan turun di pasaran mulai April bulan depan. Memang bisa dikatakan bahwa Samsung Galaxy S4 secara spesifikasi masih di atas iPhone 5 dan bahkan di atas smartphone manapun. Berikut ini perbandingan spesifikasi 4 smartphone tercanggih saat ini.

Screen_Shot_2013-03-14_at_5.02.40_PM

Dalam segi software, Galaxy S4 menawarkan aplikasi bawaan yang lebih fleksibel dan canggih daripada iPhone, seperti aplikasi Drama Shot, yang mengubah foto-foto menjadi video; Dual View, yang memampukan pengguna Galaxy S4 mengaktifkan 2 kameranya (depan-belakang) secara bersamaan, yang juga bisa digunakan untuk video call. Ada juga aplikasi S Voice Drive yang bisa memampukan Galaxy S4 melakukan sesuatu dengan perintah suara saat Anda sedang mengemudi, membesarkan ukuran teks, dan bekerja dengan koneksi Bluetooth bila mobil pengguna mendukung koneksi tersebut.

Yang tidak kalah seru adalah teknologi deteksi-gerakan yang terpatri di dalam Galaxy S4. Teknologi ini memampukan pengguna Galaxy S4 untuk mengendalikan fitur-fitur smartphone ini dengan perubahan raut wajah, seperti melakukan pause pada saat memutar video.

Pertanyaannya adalah, bagaimana dan kapan Apple akan merespon hal ini atau lebih dekat, apakah Apple akan menanggapi pergerakan rivalnya ini. Malam sebelum peluncuran Samsung Galaxy S4, Kepala Pemasaran Apple, Phil Schiller menyampaikan “Kita disini [Apple] tahu bahwa tidak cukup hanya membuat produk yang canggih dan pemasaran yang heboh, tapi kita harus membuat orang menyukai dan menggunakannya.” “Banyak sudah buktinya” tambahnya.

Pada sisi piranti keras, memang Galaxy S4 sangat maju berkembang. Bahkan pada seri Galaxy terdahulu pun Samsung sudah menawarkan performa hardware yang lebih dari pada seri iPhone saat itu. Hingga kini pun tradisi ini dilanjutkan, Galaxy S4 hadir dengan layar yang lebih besar, ukuran yang lebih tipis dan lebih ringan, kamera yang lebih bagus, dan prosesor yang jauh lebih kencang.

Kini Samsung juga mencoba untuk menambah fitur dan kemampuannya pada sisi software guna menunjukkan pada calon penggunanya bahwa spesifikasi canggih ini mampu bekerja maksimal. Seperti dilansir CNET, Drew Blackard selaku Director of Product Planning Samsung Mobile U.S menyampaikan “Kita[Samsung] memang dikenal sebagai inovator hardware,” “dan kini kita juga menjadi inovator software, hal ini yang membuat orang-orang terkejut.”

Disaat Samsung sekali lagi memasang standar spesifikasi yang tinggi dalam hal hardware dan juga menggelontorkan fitur software baru, Apple tetap fokus kepada strategi pembuatan gadget yag sederhana, mudah digunakan dengan desain yang elegan. Hal ini didukung oleh analisa Avi Greengart, seorang analis di mana Apple tidak perlu menandingi Samsung dan ia rasa Samsung Galaxy S4 tidak akan memecut Apple untuk menanggapi secara khusus saat meluncurkan produk iPhone yang terbaru nanti.

Ia lalu menambahkan “Saya rasa Apple tidak akan menjual sebuah perangkat hanya berbekal kecanggihan saja,” “Apple adalah merek yang sudah terkenal memproduksi perangkat dengan teknologi yang benar bisa digunakan dan tentu saja dengan desain yang elegan.”

Selanjutnya ia berkomentar bahwa fitur software Samsung yang melimpah mungkin terlalu heboh untuk mayoritas penggunanya. “Samsung memamerkan banyak sekali fitur yang Saya rasa terlalu belebihan dan rumit bagi kebanyakan penggunanya” ujarnya. Banyak dari fitur ini bersifat ‘WOW’, di mana awalnya pengguna akan menunjukkan kecanggihan pada banyak orang namun akhirnya tidak benar-benar ia gunakan.“

Memang ada benarnya tidak semua orang adalah penggila gadget dan mampu memanfaatkan seluruh fitur yang ada pada smartphone-nya, namun bila dengan harga yang lebih terjangkau kita bisa mendapat lebih banyak fitur, mengapa tidak? (LH)

Comment di sini