Temuan Baru: Burung Purba Punya 4 Sayap

by
March 18th, 2013 at 11:50 am

CiriCara.com – Menurut sepengetahuan manusia yang hidup di masa ini, burung dan jenis unggas lainnya tentu hanya memiliki 2 sayap saja. Tapi ternyata, nenek moyang mereka yang terdahulu memiliki 4 sayap. Itulah fakta baru yang ditemukan oleh para peneliti asal China.

Shandong Tianyu Museum of Nature

Shandong Tianyu Museum of Nature

Kelompok peneliti asal China menganalisa fosil burung purba berumur 130 tahun yang sudah diawetkan di Museum Alam Shandong Tianyu. Dari hasil analisa tersebut, ditemukan pada 11 jenis burung purba terdapat kaki berbulu, yang menyerupai dengan sepasang sayap yang biasa kita temui pada burung di zaman ini.

Berdasarkan catatan dari New York Times, kaki berbulu dulunya pernah terlihat juga pada fosil dinosaurus terbang seperti Microraptor, kerabatnya T-Rex.

Pertanyaan berikutnya yang muncul ialah apakah burung yang ada sekarang ini telah melewati fase di mana mereka memiliki 4 sayap, atau burung-burung di zaman sekarang ini semata hanyalah bentuk dari evolusi Microraptor, dinosaurus terbang itu.

National Geographic

National Geographic

Akan tetapi, temuan terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Sains pada Jumat (15/3/13) lalu itu menunjukkan bukti utuh, yakni beberapa nenek moyang burung di zaman sekarang ini bukan hanya memiliki 4 sayap, tetapi juga memiliki bulu-bulu yang besar pada tungkainya, yang diduga menjadi fitur dalam penerbangan.

Hal tersebut diperkuat oleh pendapat Xing Xu, seorang paleontolog yang menjadi salah satu penulis penelitian tersebut. Dia mengungkapkan bahwa jika seekor binatang memiliki bulu-bulu besar pada bagian kakinya, itu sangat jelas bahwa fitur itu tidak cocok untuk sekadar berlari cepat, melainkan untuk terbang.

Meski demikian, masih ada beberapa pertanyaan seperti: apakah bulu-bulu itu membantu burung tersebut untuk terbang dan menjadi pengendali arahnya, ataukah bulu itu hanya berfungsi sebagai pelindung saja; yang belum terjawab dan masih menjadi perhatian para peneliti.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini