CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Mudah Dimanfaatkan

by
March 19th, 2013 at 2:20 pm

mudah dimanfaatkanCiriCara.com – Menjadi orang yang baik hati dan sabar memang bisa menguntungkan diri sendiri. Anda bisa mendapatkan banyak teman dan jadi dihargai oleh orang lain. Tapi, apa jadinya jika terlalu baik dan sangat sabar? Mungkinkah kebaikan yang dimiliki itu akan dimanfaatkan oleh orang lain?

Terkadang, kebaikan yang kita miliki itu bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain. Misalnya, orang lain jadi malah bertindak semaunya karena kita terlalu sabar jika dijahati atau mendapat perlakuan tidak adil darinya. Apakah Anda merasakan hal seperti itu?

Jika iya, maka Anda termasuk orang yang sangat baik dan bersabar. Namun, hati-hatilah karena kebaikan Anda bisa saja malah dimanfaatkan orang lain. Untuk mengecek apakah Anda termasuk orang yang mudah dimanfaatkan atau tidak, sebaiknya simak ciri-ciri orang yang mudah dimanfaatkan berikut ini yang dicuplik dari 29secrets.com:

1. Selalu mengatakan “Ya”

Apakah Anda selalu mengatakan “Ya” pada semua permintaan orang lain? Jika iya, maka Anda termasuk orang yang akan mudah dimanfaatkan oleh orang lain. Ketika Anda sedang kerepotan dengan urusan diri sendiri, orang lain malah meminta bantuan. Namun, Anda tidak menolaknya dan akan membantu orang tersebut. Membantu orang lain memang sebuah sikap terpuji, tapi Anda juga harus mempertimbangkan diri sendiri.

terlalu sabar

Thinkstockphotos

2. Terlalu menerima perkataan orang lain

Saat sedang berkumpul dengan kerabat, seringkali adanya lelucon. Lelucon yang dilontarkan teman merupakan hal yang wajar dan bisa mempererat hubungan persahabatan yang sudah dijalin. Namun, Anda berhak marah atau mengelak jika lelucon yang dilontarkan itu sudah memasuki ranah privasi. Jangan hanya diam saja karena para kerabat malah mengangap Anda menerima dan mereka akan terus mengulanginya.

3. Menggampangkan keuangan

Saat teman meminjam uang, tanpa basa-basi Anda langsung memberikannya. Selain itu, Anda juga akan berkata, “Yasudah, bawa dulu aja uangnya”. Kalimat tersebut tentunya juga sering didengar dalam hubungan pertemanan. Namun, ketahuilah bahwa kebaikan Anda itu bisa saja malah dimanfaatkan olehnya. Bisa jadi mereka mau berteman dikarenakan Anda sering mentraktirnya.

4. Terlalu sabar

Ciri keempat orang yang mudah dimanfaatkan adalah terlalu sabar saat menghadapi berbagai hal. Misalnya, Anda sudah 3 tahun bekerja pada suatu perusahaan. Namun, gaji tak kunjung naik dan Anda pun hanya diam saja atau tak berani bertanya pada HRD. Ketahuilah bahwa Anda bekerja bukan berarti dimanfaatkan oleh perusahaan. Untuk itu, Anda harus berani menanyakannya pada pihak yang bersangkutan.

Itulah ciri-ciri orang yang mudah dimanfaatkan. Apakah ada satu ciri yang menjadi kebiasaan Anda saat ini? Jika iya, maka sebaiknya mulai ubah sikap tersebut agar kebaikan Anda tidak dimanfaatkan oleh orang lain. (NR)

Comment di sini