Umat Muslim Skotlandia Beribadah di Gereja

by
March 19th, 2013 at 1:16 pm

Aberdeen (CiriCara.com) – Umat Muslim Skotlandia beribadah di gereja? Hal ini sangat langka, dan baru pertama kali terjadi di Britania Raya. Mungkin hal serupa tidak akan pernah terjadi di Indonesia, mengingat masih kurangnya rasa toleransi beragama di negara ini.

Hemedia/SWNS Group

Hemedia/SWNS Group

Kerukunan umat beragama ditunjukkan oleh umat Katolik dan umat Muslim di Aberdeen, Skotlandia. Daily Mail melaporkan bahwa Gereja St. John Episcopal membuka pintu lebar-lebar bagi ratusan umat Muslim untuk melakukan Salat 5 waktu dalam kapel utama dari gereja tersebut. Hal tersebut dikarenakan Masjid yang tidak jauh dari gereja itu, sangat kecil dan umat Muslim terpaksa beribadah di luar Masjid.

Karena menganggap mereka saudara majelis gereja, Pastor Isaac Poobalan telah menyerahkan sebagian aula gereja kepada Imam Ahmed Megharbi dan imam yang akan memimpin Salat bagi umat Muslim tersebut, untuk berdoa di aula gereja tersebut.

SWNS Group

SWNS Group

Pastor Isaac Poobalan mengatakan bahwa selain berdoa, tugasnya juga untuk mendorong orang lain untuk beribadah. Dan dia akan merasa bersalah kepada imannya jika tidak membuka pintu gereja bagi ratusan umat Muslim yang tidak memiliki tempat untuk beribadah itu, mengingat cuaca di Skotlandia sedang diguyur hujan lebat dan angin kencang.

Rasa prihatin yang menyergap Pastor Isaac Poobalan, membuatnya tidak sampai hati membiarkan umat Muslim itu harus beribadah di bawah alam terbuka.

Dengan melakukan hal ekstrem yang langka itu, Isaac Poobalan berharap umat Nasrani dan umat Muslim dapat jalan bersama-sama dalam kehidupan bermasyarakat dan rukun satu dengan yang lainnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Imam Ahmed Megharbi. Dia pun berharap dengan peristiwa besar yang terjadi di gereja St. John Episcopal tersebut, tidak akan terulang lagi masalah yang pecah di antara umat Nasrani dan umat Muslim.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini