WhatsApp Akan Lengkapi Aplikasinya Dengan Game

by
March 19th, 2013 at 4:47 pm

whatsapp for Nokia AshaCiriCara.comWhatsApp, salah satu aplikasi berkirim pesan paling terkenal di dunia, berencana akan meluncurkan platform game guna menambah variasi dan juga pendapatan daripada produsen teknologi asal Amerika Serikat ini. Berita ini bersumber dari Korea, di mana menurut thenextweb.com WhatsApp telah mengikat kontrak kemitraan dengan perusahan Korea – A.S pembuat game, WeMade.

Namun berita terbaru dilansir TechRux meralat bahwa berita ini tidak benar, menurut editornya, memang benar ada serangkaian pertemuan antara dua perusahaan, namun tidak berakhir dalam kesepakatan apapun.

TechRux melaporkan bahwa WhatsApp memang benar melakukan pergerakan ini, dengan motif mengikuti platform game yang sukses di Asia dan tentunya juga menguntungkan. Namun hingga kini belum jelas apakah WhatsApp sendiri sudah menjalin kerjasama dengan produsen game lain atau belum. Philip Lee dari TechRux mengungkapkan bahwa laporan tersebut dibuat berdasarkan galian dari tiga sumber berbeda yakni dua investor VC dan bekas pegawai WeMade. TechRux juga sudah mencoba menghubungi WhatsApp namun belum mendapat respon hingga kini.

WhatsApp kerap dikatkan dengan beberapa gosip perkembangannya, seperti saat WhatsApp menjadi target akuisisi Facebook. Namun, perkembangan ke arah game memang lebih masuk akal untuk diwujudkan.

Aplikasi ini tidak di-download orang dengan jumlah yang fenomenal, namun memang aplikasi chatting ini adalah salah satu yang paling terkenal di seluruh dunia. Dengan hanya $0.99 saja atau Rp 9 ribu Anda bisa mendapatkannya, bahkan di Google Play dan Apple App Store aplikasi ini masuk ke dalam daftar aplikasi terbanyak di-download. melihat hal ini, maka perkembangan menuju dunia game memang akan jadi pendaratan yang empuk bagi perusahaan ini.

Aplikasi serupa, Line dengan 120 juta pengguna dan Kakao Talk dengan 80 juta pengguna adalah dua contoh aplikasi-aplikasi yang sukses dengan melebarkan sayap ke dunia game dan WeMade telah terhubung dengan keduanya. WeMade didirikan pada tahun 2010 dan telah memiliki markas di Seattle, Amerika Serikat. Perusahaan ini telah memproduksi beberapa judul game untuk Line dan menanamkan investasinya di Kakao Talk.

Line baru-baru ini mengumumkan bahwa platform gamenya yang berisi 17 permainan yang dapat dimainkan pengguna Line telah mencapai 100 juta download secara keseluruhan dalam waktu 7 bulan saja. Kebanyakan judul yang diunduh adalah game sederhana, yang jika di-download dan dimainkan bersama kawan bisa dengan mode kerjasama atau kompetisi.

Distimo memperkirakan game Line Pop berhasil menembus angka 1 juta download pada hari pertama peluncuran dan membawa keuntungan $1 juta dalam 12 hari saja. Game yang terdapat pada Line adalah salah satu alasan mengapa Line mulai mengejar WhatsApp dalam kategori aplikasi jejearing sosial terlaris di App Store.

Sedangkan Kakao Talk memang belum menghasilkan prestasi yang maksimal dari platform game-nya sejak diluncurkan untuk seluruh dunia pada November 2011. Namun saat 3 bulan percobaan di Korea menunjukkan hasil yang mengejutkan. Game Kakao berhasil di-download lebih dar 82 juta kali dari 23 juta pengguna yang berbeda dan berhasil membawa keuntungan sebesar $51,6 juta. Sebuah game-nya yang berjudul Anipeng berhasil melampaui 20 juta download dalam waktu 3 bulan, sedangkan game Dragon Flight membungkus lebih dari 11,6 juta download hanya dalam satu bulan saja.

Saat ini memang saat yang paling tepat bagi WhatsApp untuk bergerak, walau aplikasi ini mayoritas penggunanya berada di Asia dan saingannya [Line, Kakao Talk] sudah mencuri start lebih dahulu, tapi tentu saja dengan jumlah pengguna yang sudah melimpah, platform game ini tentu tetap akan membawa keuntungan. Bila dilihat secara global pun, belum ada rival seperti Kakao Talk dan Line di A.S yang melaksanakan ide ini, maka inilah saat yang tepat untuk mencuri start bagi WhatsApp. Apalagi aplikasi ini adalah aplikasi antar platform, di mana iOS dan Android bisa menggunakannya, tentunya akan memberikan nilai tambah.

Memang WeMade tampak sebagai mitra yang ideal dalam proses realisasi pergerakan ini, ia memiliki markas di A.S dan juga mengembangkan game untuk negara barat. Tidak lupa, ia juga besar di Asia yang tentunya bisa menjaring keuntungan.

Walaupun begitu, pergerakan ini masih jauh dari kata sepakat, WhatsApp kini masih terus setia melayani dengan layanan berkirim pesan yang sederhana dan juga sangat sesuai bagi pengguna yang tidak ingin hal lain selain berkirim pesan. Kita tunggu saja berita mengenai langkah WhatsApp selanjutnya. (LH)

thenextweb

Comment di sini