10 Hewan Punah yang Ingin Dihidupkan Kembali

by
March 20th, 2013 at 1:18 pm

CiriCara.comBumi kita ini sudah ada sejak ratusan juta tahun lamanya. Berbagai zaman telah terjadi di Bumi ini dengan ditandai adanya berbagai macam fosil yang ditemukan oleh para arkeolog. Selain itu, banyak jenis hewan yang sudah punah, adapula yang mengalami evolusi menjadi bentuk hewan lainnya.

Pada konferensi National Geographic, Jumat minggu lalu (15/3/13), para ilmuwan berkumpul di Washington D.C, AS untuk mendiskusikan hewan-hewan punah apa saja yang mungkin dikembalikan dari kepunahannya. Tidak hanya itu, para ilmuwan tersebut juga memperbincangkan cara dan alasan untuk melakukan itu.

Para ilmuwan dan peneliti yang berkumpul saat itu memilih sejumlah hewan purba yang ingin dihidupkan kembali berdasarkan beberapa pertanyaan sebagai berikut:

Apakah spesies hewan tersebut diinginkan pada zaman ini, apakah mereka dicintai manusia, apakah mereka memegang fungsi ekologis penting, apakah para ilmuwan memiliki akses ke jaringan yang bisa memberikan sampel DNA baik untuk mereproduksi spesies, apakah spesies hewan itu mampu diperkenalkan kembali ke alam.

Dari hasil seleksi itu, mereka menemukan sederet jenis-jenis hewan purba yang sudah punah puluhan bahkan ribuan tahun lalu.

Dan inilah 10 hewan diantaranya yang diharapkan dapat dihidupkan kembali dari kepunahan:

1. Lumba-lumba Baiji

Lumba-lumba Baiji

Ini adalah lumba-lumba air tawar yang habitatnya berada di Sungai Yangtze, China. Lumba-lumba yang memiliki mulut lebih panjang dari jenis lumba-lumba pada umumnya ini, dikenal dengan julukan “Goddess of the Yangtze”. Namun sayang, mereka punah dikarenakan China menggunakan sungai itu untuk sarana transportasi, tenaga pembangkit listrik tenaga air, dan penangkapan liar.

2. Anjing laut

Anjing Laut

Anjing laut dari Laut Karibia ini diburu kepunahan akibat ulah manusia yang memburu hewan ini untuk mengambil minyaknya, selain itu, mereka juga kalah bersaing dengan manusia untuk berburu ikan yang menjadi satu-satunya sumber makanan anjing laut tersebut. Individu yang terakhir, terlihat pada tahun 1952. Setelah itu, anjing laut jenis ini tidak ditemukan lagi.

3. Burung Huia

Huia

Ini adalah spesies burung Wattlebird terbesar dengan habitat terbesarnya ada di Selandia Baru. Sayangnya, pada abad ke-20, burung yang betinanya memiliki paruh yang lebih panjang ini, mengalami kepunahan karena diburu untuk dijadikan spesimen di museum dan koleksi pribadi.

4. Thylacine

Thylacine

Thylacine lebih dikenal sebagai harimau Tasmania. Habitat terbesar hewan ini ialah di Australia, Tasmania, dan Papua Nugini.

5. Smilodon

smilodon

Hewan jenis kucing dengan gigi taring yang sangat panjang sehingga keluar dari mulutnya ini telah punah sejak 10.000 tahun yang lalu, dikarenakan perubahan iklim yang dahsyat pada akhir Zaman Es (Ice Age).

6. Quagga

Quagga

Zebra ini mempunyai keunikan sendiri. Belang pada tubuhnya hanya pada setengah bagian badan depannya, sedangkan setengah bagian badan belakangnya polos. Tetapi, zebra yang hidup di Afrika Selatan ini punah sekitar tahun 1870-an.

7. Mammoth

Mammoth

Mammoth adalah hewan purba yang mendahului spesies gajah yang sering kita jumpai di zaman sekarang ini. Hewan ini memiliki bulu yang panjang dan sangat lebat karena mereka hidup ribuan tahun lalu, di mana Bumi belum panas seperti sekarang ini. Namun sayang, mammoth terakhir yang hidup di pulau Wrangel di Samudra Arktik telah punah sejak 4.000 tahun yang lalu.

8. Ivory-billed Woodpecker

Ivory-billed Woodpecker

Burung pelatuk ini tinggal di wilayah tenggara Amerika Serikat. Akan tetapi, sejak tahun 1940-an, tidak ada yang pernah menemukan burung pelatuk jenis ini lagi.

9. Bebek Labrador

Bebek Labrador

Bebek jenis ini menghilang secara misterius antara tahun 1850 dan 1870 hingga sekarang, padahal bebek ini tidak menjadi target buruan manusia. Alasan kepunahannya pun tidak jelas.

10. Burung Dodo

Burung Dodo

Burung ini digambarkan sebagai sosok burung yang bodoh dari pulau Mauritius. Sebenarnya, burung Dodo tidak memiliki predator alami yang memangsanya, namun, setiap manusia yang terdampar di pulau asalnya itu, memburu mereka untuk dijadikan makanan.

Itulah 10 hewan punah di antara sederet jenis hewan punah lainnya yang diharapkan bisa dibangkitkan kembali oleh para ilmuwan.

(yk)

Business Insider

Comment di sini