CiriCara: Cara Alami Mengatasi Sembelit

by
March 20th, 2013 at 11:52 am

sembelitCiriCara.com – Sembelit atau konstipasi merupakan kelainan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan dan bisa menyebabkan kesakitan pada penderitanya. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sembelit, antara lain kurang mengonsumsi makanan berserat, kurang minum, olahraga, dan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa obat juga bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengalami sembelit. Obat-obat itu, seperti antasid yang mengandung aluminium dan kalsium, obat hipertensi, antidepresan, suplemen zat besi, antiparkinson, dan antisesak.

Untuk mengatasi sembelit, biasanya orang menggunakan obat pencahar atau obat untuk memudahkan buang air besar. Padahal, obat itu sangat tidak dianjurkan karena membuat Anda jadi ketergantungan. Ada cara lain yang mudah untuk mengatasi sembelit itu yaitu meminum air putih 2-4 gelas atau mengonsumsi pepaya.

Jika kedua cara tersebut tidak berhasil, maka ada cara alami yang bisa Anda coba. Apa saja? Dilansir Sehatnews.com, berikut cara alami mengatasi sembelit:

1. Lidah buaya

lidah buaya

Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bisa Anda pakai untuk mengatasi sembelit yang berfungsi sebagai pencahar. Caranya, belah menjadi dua bagian lidah buaya dan sebagian saja yang bisa Anda pakai. Cuci hingga bersih, dan buang kulitnya. Lalu, cincang isinya dan seduh dengan setengah cangkir air panas. Untuk membuatnya terasa manis, tambahkan madu satu sendok makan dan minum selagi hangat. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa meminumnya 2 kali dalam sehari.

2. Temulawak

temulawak

Rimpang temulawak bisa Anda giling halus bersama biji sesawi. Lalu, beri sedikirt air panas dan peras. Kemudian, air perasannya bisa Anda minum untuk mengatasi sembelit. Cara lain, rimpang temulawak diiris dan ditambah sengan asam serta gula jawa. Setelah itu, tuangkan air mendidih, saring dan minum.

3. Mengkudu

mengkudu

Mengkudu mengandung morindon yang merupakan zat warna merah dan berkhasiat sebagai pencahar. Cara memanfaatkannya, dua buah mengkudu yang masak dicuci dan diparut. Lalu, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Setelah itu peras dengan kain dan air perasannya bisa Anda minum sehari dua kali.

4. Daun wungu

Daun Ungu

Di dalam daun wungu terdapat kandungan saponin yang memiliki efek sebagai pencahar ringan. Caranya adalah siapkan 7 lembar daun wungu segar, rebus dengan gelas air hingga menjadi satu gelas saja. Kemudian, Anda bisa menyaringnya lalu diminum.

5. Ketepeng cina

ketepeng cina

Daun ketepeng cina mengandung zat samak serta bersifat laksatif. Daun ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sembelit. Caranya yaitu sediakan daun ketapang cina muda dan segar sebanyak 7 lembar. Lalu, didihkan dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah itu, angkat, saring, dan Anda bisa meminumnya.

6. Keji beling

keji-beling

Keji beling memiliki efek pencahar dan diuretik sehingga baik untuk penderita sembelit. Cara memanfaatkannya yaitu Anda bisa memakai setengah genggam daun keji beling segar dan cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian Anda bisa saring dan diminum airnya.

Itulah cara alami untuk mengatasi sembelit. Jika sembelit yang Anda alami tak kunjung sembuh dalam waktu lama, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. (NR)

Comment di sini