CiriCara: Cara Baik Menjenguk Ibu Melahirkan

by
March 20th, 2013 at 1:38 pm

ibu melahirkanCiriCara.com – Saat mendengar kabar dari kerabat, teman, atau rekan kerja bahwa dirinya atau istrinya sudah melahirkan tentunya Anda akan langsung mengucapkan selamat kepadanya. Mengucapkan selamat kepadanya mungkin bisa secara langsung saat di kantor, malalui pesan singkat, atau meneleponnya.

Untuk membuatnya merasa lebih senang, Anda juga bisa langsung menjenguknya di rumah atau saat di rumah sakit. Namun perhatikan tata caranya, jangan sampai menggangu jam istirahat ibu yang baru saja melahirkan. Ketahuilah bahwa Anda boleh bisa menjenguknya setelah si ibu mendapat istirahat yang cukup. Biasnya, ibu membutuhkan waktu istirahat 24 jam setelah melakukan proses persalinan.

Selain itu, ada ha-hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjenguk ibu melahirkan. Apa saja? Dilansir Female.Kompas.com, berikut cara baik menjenguk ibu melahirkan:

1. Jenguk saat di rumah sakit

Waktu yang paling baik untuk menjenguk ibu melahirkan adalah saat mereka di rumah sakit. Alasannya adalah karena di rumah sakit masih ada dokter dan perawat yang merawat sehingga Anda jadi bisa lebih leluasa lagi untuk mengobrol dan melihat bayinya. Jika Anda menjenguknya saat si ibu sudah di rumah, maka biasanya ia akan kerepotan untuk mengurus buah hatinya.

2. Mengobrolkan hal yang menyenangkan

wanita melahirkan

Jika sedang mengobrol dengan ibu yang baru saja melahirkan, maka jangan membahas seputar perawatan setelah melahirkan dan perawatan bayi. Percayalah, pasti si ibu sudah bosan mendengar nasihat itu dari orang-orang yang menjenguknya sebelum Anda. Untuk itu, lebih baik Anda mengobrolkan topik ringan dan menyenangkan. Selain itu, biarkan si ibu baru ini bercerita sendiri tentang pengalaman saat melahirkan.

3. Jangan terlalu lama menjenguk

Saat dikunjungi, pastinya si ibu akan merasa senang. Namun, Anda juga harus memiliki empati kepadanya. Bagaimanapun juga, si ibu pasti masih lelah dan membutuhkan waktu untuk beristirahat agar kondisinya cepat pulih.

4. Jangan masuk beramai-ramai

Jika Anda mengunjunginya berama-ramai, maka bagilah dalam beberapa kelompok dan masuklah secara bergantian saja. Jika beramai-rami masuk dalam satu ruangan, maka bisa membuat si ibu yang baru melahirkan pusing dan kelelahan.

5. Membawakan kado

Saat menjenguk, jangan lupa juga untuk membawakan kado untuk ibu dan bayinya. Buah-buahan atau bunga dengan kartu ucapan juga bisa Anda jadikan alternatif untuk diberikan kepadanya. Namun, jika ingin memberikan kado yang berguna untuk si bayi, maka berikanlah perlengkapan bayi.

Itulah cara baik menjenguk ibu melahirkan. Selain itu, jangan menjenguk ibu melahirkan jika Anda sedang sakit terutama sakit yang menular, seperti batuk dan pilek. Kenapa? Karena bisa saja sakit yang Anda alami menular ke ibu yang kondisinya masih lemah. (NR)

Comment di sini