CiriCara: Cara Cerdas Meningkatkan Nafsu Makan Anak

by
March 20th, 2013 at 4:38 pm

meningkatkan nafsu makan anakCiriCara.com – Apakah anak Anda sulit sekali untuk makan? Jangan khawatir, karena masalah ini memang dialami oleh seorang anak, khususnya yang masih balita. Untuk menghadapinya, Anda disarankan untuk tidak memarahinya.

Jika Anda marah kepadanya, maka akan membuatnya malah jadi keras kepala dan tak mau untuk makan. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan orangtua jika si anak tak mau makan? Dicuplik dari Boldsky.com, berikut cara cerdas meningkatkan nafsu makan anak:

1. Mengatur jadwal makannya

Ketahuilah bahwa balita belum memiliki nafsu makan yang kuat. Untuk itu, mereka tidak mau makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, Anda harus cerdas menghadapinya yaitu tetap memberikannya makan pada pagi, siang, dan malam hari. Berilah si anak makanan yang bergizi walaupun dia makan hanya sedikit.

2. Membatasi meminum susu

manambah nafsu makan anak

Jika si anak senang sekali meminum susu daripada makan nasi beserta lauk-pauknya, maka Anda harus bisa membatasinya. Ketahuilah bahwa memberikan susu secara berlebihan kepada anak, maka tak ada ruang bagi makanan di dalam perutnya.

3. Mengubah menu makanan setiap hari

Jangan terus-terusan memberi makanan yang sama untuk anak karena bisa membuatnya merasa bosan sehingga malas untuk makan. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan variasi pada menu makan setiap harinya agar meningkatkan nafsu makan si anak. Selain itu, Anda juga bisa menghias makanan itu dengan beberapa sayur-mayur agar menarik perhatiannya untuk memakannya.

4. Memberikan makan dalam porsi kecil

Agar aktivitas makan jadi kebiasaan baginya, Anda perlu memberinya makan dalam porsi kecil namun mengandung gizi tinggi. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan variasi pada menu makanannya. Misalnya, memotong sayuran dengan bentuk boneka, membuat roti dengan bentuk bintang, dan kreasi lainnya.

5. Menyuapi si anak

Cara lain untuk meningkatkan nafsu makan si anak adalah menyuapinya. Mungkin anak malas makan akibat sedang bermain dengan mainan miliknya atau teman-temannya. Untuk itu, Anda perlu mencuri waktu untuk sekadar menyuapinya sedikit demi sedikit. Dengan begitu, si kecil akan tetap sehat.

Itulah cara cerdas meningkatkan nafsu makan anak. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap sabar menghadapinya agar si anak tak lagi susah untuk makan. Ketahuilah bahwa makanan merupakan salah satu faktor penting untuk pertumbuhan si anak. (NR)