CiriCara: Cara Efektif Promosi Lewat Facebook

by
March 20th, 2013 at 5:01 pm

urawflCiriCara.com – Semenjak munculnya Google AdWords, iklan pay-per-click (PPC)membuat orang-orang ingin mempromosikan apapun secara online. Entah itu artikel tentang keanehan-keanehan di dunia atau berita politik terkini, promosi perusahaan, hingga jual beli barang-barang aneh.

Kini walau PPC masih sangat efektif tapi ada daerah jelajah baru yang sangat menjanjikan yakni sosial media. Di tengah zaman sosial media ini orang-orang bisa mengakses berbagai kanal media sosial berjam-jam setiap harinya. Hal inilah yang membuat promosi lewat media sosial sangat efektif.

Hampir semua kanal jejaring sosial besar seperti Facebook dan Twitter menawarkan pilihan promosi dan masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Namun bukankah promosi di media sosial memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit? Tentu tidak, bila Anda mengaturnya dengan jeli dan efektif. Berikut ini cara efektif promosi lewat Facebook:

1. Untuk melakukan promosi lewat Facebook, pertama Anda harus masuk ke halaman bisnis Facebook. Buka “Admin Panel” lalu klik tombol “Ads Manager” berwarna biru.

2. Disini Anda bisa membuat iklan promosi Anda dan mengatur dana yang ingin Anda keluarkan. Tentukan sumber dana Anda masuk ke dalam menu pilihan.

3. Apabila bisnis Anda masih dalam lingkup lokal Anda bisa mempersempit pilihan hingga kota Anda dan sebaliknya bila lingkup nasional atau provinsi Anda bila melebarkan pilihan Anda di sini.

4. Setelah Anda selesai dengan tahap ini, iklan Anda akan langsung diluncurkan. Cara promosi sederhana ini memang diperuntukkan agar halaman promosi Anda mendapatkan banyak “Like”.

5. Namun bila Anda ingin iklan yang  lebih rumit, gali lebih dalam ke “Advance ad creator” di “Admin Panel” dengan mengklik “Build Audience” lalu klik “Create an Ad”. Untuk mempermudah pengaturan iklan Anda, Anda bisa menggunakan browser Chrome.

6. Di sini Anda bisa memilih apakah Anda ingin mempromosikan halaman Facebook perusahaan Anda, mempromosikan posting tertentu saja, atau yang lainnya menggunakan “Advanced Options”. Anda juga bisa mengarahkan apakah  klik orang-orang menuju ke halaman Facebook perusahaan atau halaman situs perusahaan Anda.

7. Periksa iklan Anda sebelum dipasang, Anda harus pintar-pintar mengatur kata-kata di mana hanya ada ruang 25 karakter untuk judul dan 90 karakter untuk isinya. Namun Anda tetap bisa menambahkan foto ke iklan tersebut.

8. Sekarang Anda harus mengatur sasaran promosi Anda, termasuk usia, jenis kelamin, lokasi, dan kesenangan.

9. Setelah itu di paling bawah halaman Facebook, tentukan jumlah dana yang ingin Anda gunakan untuk iklan ini. Pengaturan bawaan Facebook akan menarik biaya secara harian berdasarkan dasar CPM (cost per thousand impressions). Semua pengaturan dioptimasi agar halaman perusahaan Anda mendapat banyak “Like”. CPM, akan menarik biaya setiap ada yang melihat halaman Anda. Anda pun bisa menggunakan CPC (Cost per Click) di mana Facebook juga memberikan bimbingan strategi berikalan menggunakan dua metode ini.

Kini Anda bisa berpromosi secara efektif dengan Facebook, di mana akan menghemat waktu dan modal Anda. Selamat mencoba. (LH)

PCworld