CiriCara: Cara Hemat untuk Pelajar

by
March 20th, 2013 at 3:52 pm

hematCiriCara.com – Saat ini pelajar lebih banyak membutuhkan uang untuk biaya pendidikannya. Biaya pendidikan yang dikeluarkan termasuk ongkos sehari-hari, biaya membeli buku, uang transport, dan lain sebagainya.

Biaya pendidikan yang cukup banyak itu tak menggugah hati orangtua untuk menaikkan uang jajan kamu. Apakah kamu merasakan hal tersebut?

Jika iya, maka kamu yang harus berhemat agar tidak menyusahkan orangtua lagi. Ketahuilah bahwa berhemat itu akan mendatangkan manfaat nantinya untuk diri kamu sendiri.

Berikut 7 cara hemat untuk pelajar:

1. Membeli barang seperlunya saja

Biasanya, banyak sekali pelajar atau mahasiswa yang gemar sekali belanja atau biasa dikenal dengan sebutan “Shopaholic”. Saat jalan-jalan di mal dan melihat barang yang disukainya, biasanya mereka langsung membeli tanpa berpikir panjang. Padahal, barang yang dibeli itu belum tentu bermanfaat untuknya. Untuk itu, belilah barang yang memang benar-benar kamu butuhkan saja agar hidup lebih hemat.

2. Hemat pemakaian pulsa

Ponsel merupakan alat komunikasi yang sudah menjadi barang yang dimiliki oleh kalangan pelajar. Bahkan, saat ini seseorang yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) pun sudah memiliki ponsel. Namun, terkadang pemakaian pulsa para pelajar sangat boros. Untuk berhemat, sebaiknya kurang-kurangilah untuk membalas SMS atau menlepon yang tidak begitu penting. Misalnya, SMS nyasar, SMS minta kenalan, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaatkan juga jika ada operator yang menawarkan untuk mengirimkan SMS atau telepon gratis.

3. Membawa bekal dari rumah

hemat uang

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membawa bekal dari rumah. Daripada kamu jajan di kantin, lebih baik bawa sendiri saja dari rumah karena lebih terjamin kebersihannya. Ketahuilah bahwa jajanan itu seringkali dinilai tidak sehat karena kita tidak mengetahui 100 persen apa yang terkandung di dalamnya.

4. Kurangi berpergian

Agar lebih hemat, kamu juga harus mengurangi untuk berpergian bersama teman-teman. Sering pergi bersama teman-teman pada hari libur tentunya akan membuat kamu menjadi boros dan pengeluaran jadi tak terkontrol. Selain itu, kurangi juga untuk berkumpul bersama teman-teman setelah pulang sekolah.

5. Jangan pacaran saat sekolah

Berteman dengan lawan jenis boleh saja, tapi jangan jadikan hubungan itu terlalu serius atau berpacaran. Dengan pacaran secara otomatis kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya pacaran. Selain itu, kamu juga malah bisa berutang pada teman-teman demi menyenangkan sang pacar.

6. Luangkan waktu untuk tidur siang

Agar lebih hemat, kamu disarankan untuk tidur siang setelah pulang sekolah. Mengapa? Dengan tidur siang, tentunya kamu akan lupa waktu untuk bermain, pergi, ataupun jajan. Selain itu, tidur siang juga bisa membuat pikiran kamu lebih segar agar bisa digunakan untuk belajar pada malam hari.

7. Puasa senin dan kamis

Bagi kamu yang muslim, tak ada salahnya untuk menerapkan cara yang satu ini agar keuangan tidak boros. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pahala karena berpuasa pada hari itu merupakan suatu ibadah.

Itulah cara hemat untuk pelajar. Berhemat sangat penting demi kehidupan kamu di masa depan. Ingat kata peribahasa, hemat pangkal kaya. Untuk itu, berhematlah mulai saat ini. (NR)

Comment di sini