CiriCara: Cara Membuat Getuk Singkong Pelangi

by
March 20th, 2013 at 3:59 pm

Getuk Singkong PelangiCiriCara.com – Getuk singkong merupakan salah satu jajanan tradisional khas dari Indonesia. Makanan yang satu ini juga sangat cocok untuk camilan sambil minum kopi atau teh hangat. Tertarik untuk membuat getuk singkong di rumah?

Getuk singkong pada umumnya hanya mempunyai satu warna. Namun agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera, getuk singkong juga bisa dibuat berwarna-warni seperti pelangi.

Langsung saja simak cara membuatnya berikut ini!

Resep Getuk Singkong Pelangi

Bahan:
- 200 gram singkong kukus, haluskan
- 1 sendok makan margarin
- 20 gram gula pasir halus
- Pewarna makanan cair (hijau dan merah)

Bahan pelapis:
- 100 gram kelapa parut kasar
- ¼ sendok teh garam
- 1 lembar daun pandan, ikat

Cara membuat:
- Pelapis: campur parutan kelapa dan garam, aduk sampai rata. Kukus kelapa dan garam tadi bersama dengan daun pandan, selama kurang lebih 10 menit. Angkat dan tiriskan.
- Getuk: campur singkong, margarin, dan gula pasir halus dalam satu wadah. Aduk hingga rata
- Setelah tercampur rata, pisahkan jadi 3 bagian. Satu bagian diberi pewarna merah, aduk rata. Satu bagian lain ditambahkan pewarna hijau, aduk rata. Sementara satu bagian yang terakhir tetap menggunakan warna aslinya (putih).
- Bentuk masing-masing bagian adonan getuk menjadi bola-bola kecil. Kukus kembali agar adonan tidak mudah pecah, tiriskan.
- Gulingkan getuk yang sudah dibentuk tadi ke bahan pelapis hingga rata.
- Susun di atas piring saji agar terlihat rapi dan menarik.
- Getuk siap untuk dinikmati.

Agar terasa lebih nikmat, Anda bisa menyantap getuk singkong ini bersama dengan secangkir kopi atau teh manis. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini