Giliran Hakim Sigit Dilaporkan Kuasa Hukum Raffi Ahmad

by
March 20th, 2013 at 4:25 pm

Jakarat (CiriCara.com)Sigit Sutriyono,  hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan di Jakarta Timur diadukan oleh tim kuasa hukum dari Hotma Sitompoel & Associates ke Komisi Yudisial.

VIVAnews

VIVAnews

Dilansir dari Tribunnews.com, salah satu penasehat hukum Raffi Ahmad, Sahat Situngkir mengatakan bahwa aduan tersebut tidak disebabkan karena hakim Sigit ingin memenangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai termohon.

“Kita melaporkan hakim tunggal atas dugaan pelanggaran kode etik. Ini murni semata-mata ingin penegakan hukum. Bukan lantaran dalam praperadilan kita ditolak,” ujar Sahat di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2013 kepada Tribunnews.com.

Pengaduan ini telah disetujui oleh Raffi Ahmad yang sekarang ini sedang menjalani rehabilitasi di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Amy Qanita, selaku Ibunda Raffi Ahmad juga telah menyetujui gugatan terhadap hakim Sigit yang dianggap telah merendahkan martabat hakim tersebut.

Pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh sang hakim adalah pada awal sidang praperadilan hakim Sigit memerintahkan BNN untuk menghadirkan Raffi di persidangan. Namun, dalam sidang berikutnya, BNN kembali tak menghadirkan Raffi, dan justru meminta hakim membuat penetapan.

Menurut Sahat, seharusnya sebagai seorang hakim, Sigit tidak perlu mengeluarkan penetapan karena apa yang telah diucapkannya secara lisan adalah penetapan hakim. Tetapi tetap saja, BNN tidak menghadirkan Raffi di sidang-sidang selanjutnya.

Segala pernyataan dan tindakan dari hakim Sigit yang tidak konsisten tersebut dianggap telah merugikan kepentingan hukum Raffi Ahmad dan mencoreng serta merusak wibawa pengadilan.

“Hakim yang membiarkan saja perintahnya diabaikan adalah hakim yang merendahkan martabat hakim. Dan itu melanggar etika jabatan hakim. Makanya wajib diperiksa Komisi Yudisial sesuai denan fungsi dan kewenangannya,” pungkas Sahat. (RN)

Comment di sini