Harga Produksi Samsung Galaxy S4 Hanya 2,3 Juta

by
it168

it168

CiriCara.comSmartphone canggih terbaru besutan Samsung, Samsung Galaxy S4 telah diperkenalkan secara resmi minggu kemarin. Kini kita sudah bisa mengetahui bentuk, spesifikasi, dan yang baru-baru ini, bocoran harga Galaxy S4.

Namun mungkin yang kita semua belum tahu adalah harga produksi ponsel pintar Android ini. Seperti dilansir PCmag.com, harga seluruh komponen Galaxy S4 kurang lebih $236 saja atau sekitar Rp 2,3 juta. Angka ini lebih tinggi 15 persen dari harga material generasi sebelumnya Galaxy S3.

Bila ditambahkan dengan biaya produksi sebesar $8.50, maka varian terendah Galaxy S4 hanya berharga $244 atau sekitar Rp 2,4 juta saja. Harga tersebut lebih mahal $30.40 dari Galaxy S3 dengan versi yang sama. Menurut IHS iSuppli, versi LTE dari Galaxy S4 bahkan sedkit lebih murah yakni $241. IHS mencatat, karena Galaxy S4 belum resmi turun di pasaran maka kemungkinan spesifikasi masih bisa berubah saat sampai pasaran nanti.

Apabila Anda penasaran dengan apa saja komponen yang dibawa Galaxy S4 dan harganya masing-masing berikut ini daftar harga komponen Galaxy S4:

379048-galaxy-s4-bill-of-materials

PCmag

Bisa kita lihat bahwa komponen termahal adalah layar 5 inci Super AMOLED-nya yang hadir dengan resolusi 1080p. Layar ini lebih mahal $10 dari layar 4,8 inci dengan resolusi 720p milik Galaxy S3.

Vinita Jakhanwal selalu , Director for small and medium displays IHS mengatakan “Saat banyak vendor meluncurkan smartphone dengan layar LCD full-HD, Galaxy S4 yang pertama hadir dengan resolusi full-HD namun dengan layar Super AMOLED,” ia menambahkan “Untuk mendapatkan kerapatan pixel lebih dari 300 setiap incinya selalu menjadi sebuah tantangan bagi pembuat layar AMOLED ini [Samsung]. Namun kini Samsung bahkan bisa mencapai kerapatan hingga 441 pixel setiap inci pada layar AMOLED-nya dengan menanamkan teknologi terbarunya yang tentu saja menaikkan harga produksinya.”

IHS memperkirakan bahwa versi HSPA dari Galaxy S4 akan mengusung prosesor Exynos 5 Octa yang berharga hampir 2 kali lipat harga prosesor Galaxy S3 yang hanya $17 saja. Minggu kemarin Qualcomm baru saja mengkonfirmasi bahwa versi LTE Galaxy S4 akan meluncur dengan prosesor 1.9 GHz Qualcomm Snapdragon 600. Hal ini amat penting bagi Samsung untuk menggunakan Qualcomm untuk pasar Amerika sebab Qualcomm memiliki koneksi yang kuat dengan operator-operator seluler Amerika.

Menurut IHS, prosesor Qualcomm ini bahkan lebih murah $10 dari Exynos 5 Octa dan bahkan versi ini [LTE] juga menggunakan wireless LAN, Bluetooth, FM, dan GPS yang lebih murah. Sehingga kemungkinan harga Galaxy S4 di Amerika bisa ditekan.

Di lain sisi kamera 13 MP Galaxy S4 memiliki harga $20 dan sensornya sendiri berharga $16. Harga sensornya sendiri sedikit lebih mahal dari milik Galaxy S III yang hanya $12.70 saja. Namun memang sensor Galaxy S4 ini memiliki banyak fitur yang tidak ada di sensor Galaxy S3 seperti kelembaban, suhu, dan sensor gerakan infra merah.

Samsung Galaxy S4 direncakanan akan meluncur ke pasaran pada bulan April. Walau harga resmi belum dikonfirmasi, namun bocoran harga Galaxy S4 ini sudah beredar dan bervariasi tergantung lokasi peluncuran. (LH)

PCmag


comments powered by Disqus