ICW: Setelah UN Selesai, Kunci Jawaban Jadi Hak Publik

by
March 20th, 2013 at 2:36 pm

© Copyright 2010 CorbisCorporationJakarta (CiriCara.com) – Soal penolakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terhadap pemberian kunci jawaban kepada masyarakat ikut menjadi perhatian Indonesia Corruption Watch (ICW).

ICW berpendapat bahwa kunci jawaban ujian nasional adalah hak publik dan jika terdapat permohonan informasi kunci jawaban setelah ujian nasional (UN) berlangsung maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan wajib merilisnya.

“Kami kan mintanya setelah pelaksanaan. Kenapa tidak bisa? Padahal biasanya di bimbingan belajar banyak yang sudah beredar untuk panduan tahun depan. Setelah UN selesai, kunci jawaban itu hak publik,” kata Febri Hendri, peneliti ICW dalam Sidang Ajudikasi di Kantor Komisi Informasi Pusat (KIP), Jakarta, Selasa 19 Maret 2013 kemarin.

Saat ini ICW sedang mengajukan permohonan informasi terhadap kunci jawaban UN untuk tahun 2012 serta bocornya kunci jawaban soal UN yang beredar di masyarakat. Kebocoran salah satu dokumen negara tersebut membuat UN seperti tak memiliki integritas lagi.

Langkah yang dilakukan ICW tersebut ditujukan untuk meingkatkan kembali integritas yang sebelumnya dimiliki oleh UN. ICW memandang bahwa perilisan kunci jawaban UN merupakan salah satu alat kontrol terbaik terhadap integritas UN sendiri.

Faktanya, banyak anak yang memperoleh hasi UN yang sangat tinggi walaupun mengaku tidak bisa menjawab sebagian besar soal yang diberikan.

Febri menambahkan bahwa dengan adanya pemberitahuan kunci jawaban yang sebenarnya kepada masyarakat juga bisa digunakan untuk mengklarifikasi kebenaran kunci jawaban lainnya yang telah beredar luas. Dengan langkah itu, kejadian bocornya kunci UN di masyarakat tidak akan terulang lagi.

Sayangnya kesepakatan antara ICW dan Kemendikbud belum tercapai, maka Komisi Informasi Pusat memutuskan untuk menghentikan sidang yang akan dilanjutkan pada tanggal 16 April 2013 mendatang.

Dalam jeda waktu tersebut, Komisi Informasi Pusat akan menelusuri bukti dan aduan terhadap permohonan informasi kunci jawaban UN yang diajukan ICW. (RN)

Comment di sini