Samsung Galaxy S4 Smartphone Tercepat di Dunia

by
March 20th, 2013 at 3:15 pm

Samsung_6CiriCara.com – Tidak hanya menjadi smartphone terbaru yang akan meramaikan pasar, namun Galaxy S4 juga mungkin bisa juga menjadi smartphone dengan tercepat. Saat perkenalan resminya minggu kemarin, seperti dilansir gigaom.com, Android Authority mendapat kesempatan untuk melakukan tes Geekbench 2 benchmark pada Galaxy S4.

Hasilnya sungguh mengejutkan, Galaxy S4 berhasil mendapat skor 3163. Primate Labs, pembuat software benchmark ini lalu membandingkan skor ini dengan skor tes perangkat lain yang telah dilakukan sebelumnya. Sekali lagi hasilnya mengejutkan, di mana skor Galaxy S4 berada di puncak mengalahkan smartphone-smartphone lain dan bahkan skor iPhone 5 hanya kurang lebih separuh skor Galaxy S4.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Samsung Galaxy S4 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz quad-core. Dengan seri prosesor yang sama, skor HTC One masih di bawah Samsung Galaxy S4 karena clock speed yang lebih rendah yakni 1,7 GHz. Inilah grafik lengkap perbandingan skor tes Geekbench 2:

handsets-march-2013

Tes benchmark sintetis memang tepat dalam mengukur performa suatu perangkat, namun masih banyak tes lain yang bisa digunakan untuk mengukur performa smartphone bahkan ada test yang bisa digunakan untuk menguji fitur-fitur tertentu pada smartphone. Sebagai contoh, untuk menguji smartphone dengan tes JavaScript, bisa digunakan Mozilla SunSpider atau tes Google Chrome Octane. Maka mungkin untuk urusan yang lain Galaxy S4 bisa jadi bukan yang tercepat.

Namun, memang performa prosesor adalah salah satu kunci terpenting dalam smartphone. Respon dari tampilan antarmukanya pun tergantung dengan performa ini, juga termasuk kegiatan memproses video dengan resolusi HD dan gambar. Sejatinya hampir seluruh fungsi ponsel pintar Galaxy S4 ini akan terasa tidak efektif bila tidak didukung komponen mesin yang handal.

Salah satu alasan produk smartphone Samsung berhasil meraih sukses tiga tahun belakangan ini adalah karena teknik pemasaran yang maksimal. Kemungkinan Samsung juga akan mengandalakan hasil tes benchmark seperti ini untuk strategi pemasarannya, mengklaim bahwa ponsel pintar Galaxy S4-nya adalah ponsel terbaik dalam hal kecepatan.

Tentunya akan selalu ada perangkat-perangkat baru dengan spesifikasi lebih canggih di tahun-tahun ke depan berkat Qualcomm, Nvidia, dan lainnya yang tidak henti berinovasi. Namun hingga saat itu tiba, saat ini memang Galaxy S4 dengan Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz yang sedang berkuasa, ditambah lagi nanti saat versi Galaxy S4 dengan proseor berinti delapan Exynos 5 Octa turun dipasaran, tentunya posisinya akan semakin kuat. (LH)

Gigaom

Comment di sini