CiriCara: 7 Cara Cermat Hasilkan Uang dari Internet

by
March 21st, 2013 at 4:55 pm

7 Cara cermat hasilkan uang dari internet CiriCara.com – Dunia maya alias internet, sekarang ini sudah menjadi bagian penting dalam keseharian manusia. Kalau tidak percaya, hitung saja berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan untuk berselancar di dunia maya.

Meski paling sedikit, hanya 1 atau 2 jam, tetap saja setiap hari kamu membutuhkan internet untuk tahu tentang informasi terbaru, informasi yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya, atau bahkan menjadi ladang penghasilanmu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah memegang peranan penting dalam aktivitas manusia setiap harinya. Hal yang sedang marak sekarang ini ialah menggunakan internet untuk berjualan, atau yang dikenal dengan istilah “jualan online”.

Hal itu membuktikan bahwa cukup dengan bermodalkan internet saja, sebenarnya kamu juga sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Bingung bagaimana caranya?

Berikut 7 cara cermat menghasilkan uang dari internet:

1. Jualan barang di eBay

eBay adalah situs dagang internasional terbesar sekarang ini. Bagi kamu yang mengaku sering mengakses internet, tentu tahu apa itu eBay.

Dengan membuat akun di situs ini dan memiliki akun Paypal, maka transaksi jual-beli apapun menjadi mudah. Kamu bisa menjual barang-barang koleksimu, barang-barang yang sudah tidak diperlukan tapi masih layak pakai, atau barang-barang dari toko sendiri di situs ini. Tidak membutuhkan waktu lama, pasti ada pembeli yang akan menghubungi kamu. Jika kamu tertarik pada pasar lokal dulu, kamu bisa melakukannya di Kaskus, atau situs jualan lokal lainnya.

2. Menulis blog

Ingat selebriti Raditya Dika? Dia adalah salah satu contoh orang yang bisa mencapai sukses berkat menulis blog. Menulis blog, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka akan menjadi ladang penghasilan juga. Jadi, bagi kamu yang sudah punya blog, kembangkanlah terus kemampuan menulismu, dan isilah blogmu itu dengan berbagai informasi penting, pasti akan ada hasilnya dari jerih payahmu itu.

3. Merancang dan menjual baju

Siapa yang mempunyai hobi merancang busana? Hobi itu dapat kamu salurkan untuk menghasilkan uang sendiri. Pertama-tama kamu bisa terus mengasah kemampuan merancangmu, kemudian mulailah membuat kaos atau baju sederhana yang unik untuk berikutnya dipasarkan secara online melalui dunia maya. Jika desain bajumu cocok bagi banyak orang, tentu kamu akan memiliki banyak pelanggan.

Cara cermat menghasilkan uang dari internet

4. Menjadi Freelancer

Menghasilkan uang tidak berarti harus pergi bekerja ke kantor dan terpaku pada waktu 8 jam kerja. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, cukup bermodalkan laptop/komputer, dan internet, kamu bisa menerima berbagai pekerjaan lepas seperti menulis di blog orang lain, menjadi penerjemah jika memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, menjadi penulis lepas, dan masih banyak lagi. Asalkan kamu mau mencari peluang itu, pasti kamu akan menemukan lowongan pencari freelancer.

5. Mengajar

Kalau kita perhatikan, di situs YouTube juga banyak kita temui video-video tutoring (mengajar). Metode mengajar secara online seperti itu juga bisa membantu kamu menghasilkan uang hanya dengan bermodalkan internet dan pengetahuan.

6. Membuat situs dagang

Jika kamu merasa sudah siap membuka usaha yang lebih besar, cobalah membuat situs dagang sendiri. Untuk melakukan hal itu pastikanlah kamu memiliki konsep dagang yang jelas, proses pengiriman barang dan cara bertransaksi yang jelas pula. Jangan lupa tentukan barang-barang apa yang hendak kamu pasarkan dalam situs tersebut. Umumnya, sebagian besar orang senang mencari yang unik-unik di dunia maya, mungkin itu bisa jadi bocoran sedikit bagi kamu yang mau memulai bisnis online.

7. Menyediakan jasa Keuangan

Hal ini cocok dilakukan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan di bidang keuangan atau Finance. Mereka bisa menawarkan jasa untuk menghitung pajak penghasilan, jurnal dan neraca, serta mengatur keuangan dari bisnis sederhana orang lain. Jasa ini dapat kamu tawarkan melalui internet dengan membuat situs khusus, dan pasti ada orang yang membutuhkan jasa kamu tersebut.

Itulah ketujuh hal atau cara yang dapat kamu lakukan jika ingin menghasilkan uang dari dunia maya. Internet memiliki banyak keuntungan jika kita tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan benar.

Tetapi, harus diingat bahwa berjualan di dunia maya juga sarat dengan kasus penipuan ataupun tindak kriminal lainnya, jadi sebaiknya berhati-hatilah dengan memilih calon pembeli atau klien.

(yk)

Comment di sini