CiriCara: Cara Menjadi Menantu Idaman

by
March 21st, 2013 at 3:56 pm

menantu yang baikCiriCara.com – Tak semua hubungan antara mertua dan menantu tercipta dengan baik. Beberapa orang mengalami kalau dirinya memiliki mertua yang menyebalkan sehingga membuatnya jadi malas berkomunikasi.

Namun, mertua yang menyebalkan itu harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Bagaimanapun juga, mertua adalah orang yang harus Anda hormati seperti orangtua sendiri.

Hubungan menantu dan mertua harus tercipta dengan baik. Untuk itu, Anda harus melakukan beberapa cara agar disayang olehnya dan menjadi menantu idaman. Lalu apa saja yang harus dilakukan?

Dicuplik dari Indiatimes.com, berikut cara menjadi menantu idaman:

1. Berpikir positif kepada mertua

Sama seperti Anda, mertua juga merasakan pengalaman pertama menghadapi istri atau suami dari anaknya. Untuk itu, cobalah selalu berpikiran positif terhadapnya agar tidak terjadi perselisihan. Bagaimanapun juga, mertua akan berusaha menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya dan juga Anda.

2. Memperlakukannya seperti ibu kandung

Anda disarankan untuk memperlakukan mertua seperti ibu kandung. Misalnya, sering mengunjugi ke rumah mertua bersama anak anak atau memberikan hadiah saat ulang tahunnya.

3. Menghormatinya

Bagaimanapun juga, mertua Anda adalah orangtua kedua Anda. Untuk itu, Anda harus menghormatinya seperti orangtua sendiri. Berusahalah untuk menghormati semua perkataan dan saran-sarannya. Meskipun Anda tidak setuju, namun dengarkan saja dan jangan malah membatahnya.

jadi menantu idaman

4. Memperhatikan apa keinginannya

Anda juga harus memperhatikan apa yang diinginkan sang mertua. Jika beliau ingin jalan-jalan, maka Anda harus menemaninya dan turuti apa yang diinginkannya. Selain itu, jika mertua ingin membantu Anda memasak, maka biarkan saja. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nilai lebih dan menjadi menantu idamannya.

5. Prioritaskan sang mertua

Jadikan mertua Anda sebagai prioritas utama mengenai apa yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Misalnya, selalu membagi kabar gembira kepadanya atau membagi foto-foto terbaru anak-anak. Hal tersebut tentunya akan membuat sang mertua merasa senang dan dihargai.

6. Menjalin komunikasi yang baik

Jika ada hal buruk yang terjadi, maka Anda bisa mulai bercerita kepada suami sekaligus sang mertua. Sebab, memendam masalah yang dialami hanya akan membuat Anda tersiksa. Untuk itu, bicarakan permasalahan yang dialami kepada suami ataupun mertua. Mungkin saja mereka bisa membatu sehingga masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

7. Selalu mendengarkan sarannya

Saat mertua memberikan saran, Anda harus mendengarkannya dengan baik. Tunjukkan bahwa Anda menghormatinya meskipun terkadang sarannya tidak begitu baik. Jika tidak setuju, maka Anda juga bisa mengatakannya dengan sopan dan lembut.

8. Bersikap rendah hati

Tanpa disadari, beberapa mertua memang terlihat seperti ingin berkompetisi dengan Anda. Misalnya, sang mertua berkata bahwa masakannya adalah paling enak. Namun, jangan menyaingi sikapnya itu. Anda harus tetap bersikap rendah hati dan bertanya apa resep masakan tersebut. Dengan begitu, sang mertua tak akan merasa tersaingi dan merasa dihargai oleh Anda.

Itulah 8 cara menjadi menantu idaman. Hubungan dengan mertua haruslah tercipta dengan baik. Karena bagaimanapun juga, mertua adalah orangtua dari suami atau istri Anda yang juga harus dihormati dan disayangi seperti ibu kandung. (NR)

Comment di sini