CiriCara: Cara Mudah Root Samsung Galaxy Ace

by
March 21st, 2013 at 1:36 pm

root-samsung-galaxy-ace-s-on-gingerbread-ddkq-firmware-how-to_sdnmo_0CiriCara.comSamsung Galaxy Ace S5830 meluncur ke pasaran sekitar 2 tahun yang lalu dan lumayan berhasil menarik minat pasar dengan spesifikasi dan harga smartphone kelas menengah saat itu. Ponsel pintar Android ini hadir dengan Android versi 2.3.5 Gingerbread DDKQ5 atau untuk di beberapa daerah DDKQ6.

Bila Anda masih setia menggunakan smartphone ini dan ingin menaikkan performanya atau ingin bermain-main dengan mengubah suai hampir seluruh elemen firmware, Anda bisa me-root-nya. Banyak keuntungan dari root perangkat Android yang bisa Anda nikmati, salah satunya adalah Anda bisa menghilangkan aplikasi-aplikasi yang memperlambat kinerja Android Anda. Tertarik? Berikut ini cara mudah root Samsung Galaxy Ace.

Sebelum melanjutkan, Anda harus tahu bahwa selain banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari root, beberapa kerugian dan risiko pun hadir seirirng Anda membongkar kunci sistem Android ini. Salah satunya adalah proses root berrisiko menimbulkan kerusakan pada smartphone Anda serta kemungkinan garansi Anda akan hilang. Tentu Anda bisa mengembalikan seperti semula lagi alias unroot Galaxy Ace Anda, tapi bila belum terlanjur rusak.

Backup data smartphone Anda terlebih dahulu untuk jaga-jaga bila data Anda hilang dalam proses rooting. Jangan lupa juga isi daya smartphone Anda paling tidak 70% dan aktifkan “USB Debuging” dengan menuju ke Settings > Applications > Development > USB Debugging.Terakhir matikan aplikasi pada komputer Anda yang dapat memancing konflik, seperti antivirus, firewall, dan Samsung Kies. Mari kita mulai:

1. Pertama, unduh paket root Galaxy Ace terbaru ke dalam komputer.

2. Sambungkan perangkat Anda ke komputer lewat kabel USB.

3. Salin file zip yang sudah di-download dan masukkan ke memori Galaxy Ace tanpa mengganti nama atau formatnya.

4. Kini restart perangkat Anda dan menuju ke mode recovery dengan cara mematikan dan menyalakan lagi Galaxy Ace Anda, dan pada saat menyalakan tekan dan tahan tombol volume naik + tombol OK sambil menekan tombol power.

5. Dengan melakukan ini Anda akan masuk ke dalam mode recovery. Dari sini pilih Install zip from SD Card lalu pilih Choose Zip from SD”.

6. Cari file yang Anda masukkan tadi dengan menekan tombol volume naik atau turun dan bila sudah ketemu pilih file itu dengan menekan tombol power.

7. Dengan menekan tombol ini proses rooting akan berjalan, tunggu proses rooting hingga selesai sekitar 5-15 menit.

Setelah proses root sukses, Galaxy Ace Anda akan restart secara otomatis, namun apabila tidak restart secara otomatis, kembali ke menu utama dengan menekan ++++ Go Back ++++ dan pilih Reboot System Now untuk restart secara manual. Setelah selesai restart kini Galaxy Ace Anda sudah berhasil di-root dan bisa digunakan.

Kini Anda bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak dapat Anda instal dan tentunya juga Anda bisa menginstal custom ROM untuk meningkatkan performa Galaxy Ace Anda. (LH)

Androidauthority

Comment di sini