CiriCara: Cara Tepat Cari Aplikasi Android

by
March 21st, 2013 at 4:20 pm

best-android-apps-1CiriCara.comPlatform Android pertama kali meluncur pada Oktober tahun 2008, saat itu hanya ada 50 aplikasi saja dalam Android Market [Sekarang Google Play Store]. Empat tahun kemudian, Oktober 2012, Google melaporkan bahwa ada setidaknya 700 ribu lebih aplikasi di Google Play Store. Memang sebuah lonjakan yang sangat signifikan dan tampaknya masih akan terus melonjak hingga tahun-tahun mendatang. Hal ini ditandai dengan angka jumlah aplikasi Android yang menembus 800.000 lebih hingga hari ini.

Dengan pilihan aplikasi yang beragam serta game yang melimpah dan tentunya tidak semuanya bagus, kadang kita sulit menemukan aplikasi atau game yang terbaik untuk diinstal ke perangkat Android kita. Dahulu Android Market pada masa perkembangannya masih menunjukan performa yang mengecewakan, dimana kita tidak bisa memilih aplikasi dengan browsing di internet, tidak ada kategori aplikasi, dan alat pencari aplikasi belum ditemukan.

Kini pasar aplikasi Android ini telah berkembang jauh dari masa tersebut, namun tetap saja karena banyaknya aplikasi yang beredar masih membuat kita sulit mencari yang terbaik. Tentu saja kita bisa mencari dan mencoba satu persatu, namun kebanyakan kita malas untuk itu dan ingin yang langsung saja.

Bila Anda tidak ingin membuang waktu mencari-cari aplikasi yang bagus, berikut ini cara tepat cari aplikasi Android.

1. Periksa silang kepopuleran sebuah aplikasi

Cara yang paling mudah mencari aplikasi adalah lewat grafik Google Play Store, di sini Anda bisa melihat aplikasi berdasarkan berbagai kategori seperi aplikasi dengan rating terbaik berbayar dan gratis, aplikasi baru tersukses, aplikasi yang disarankan staf Google, aplikasi yang sedang tren, dan sebagainya. Anda juga bisa menyaring aplikasi menurut jenisnya dan juga browse aplikasi lewat situs Google Play dan mengunduhnya langsung ke smartphone Anda.

Fasilitas ini semakin berkembang dan menjadi semakin baik seiring waktu berjalan. Umumnya grafik-grafik ini tidak penah salah, namun bila Anda belum yakin, Anda bisa melihat grafik-grafik alternatif dari toko aplikasi lain seperti Amazon App Store, GetJar, SlideME, AppBrain, atau Handango. Temukan aplikasi yang terbaik melalui jalur-jalur ini lalu di periksa silang dengan Google Play Store.

2. Gunakan aplikasi pencari aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menemukan aplikasi yang yang layak untuk di-download. Namun ada dua aplikasi yang paling terkenal yakni Best Apps Market dan Tablified Market.

Best Apps Market hadir dengan kategori yang lengkap dan memiliki cara yang mudah untuk mencari aplikasi. Baru-baru ini pengembang aplikasi ini meluncurkan semacam update dari aplikasi ini dengan nama Fetch. Fetch hadir dengan tampilan yang lebih menarik dan performa yang sudah ditingkatkan.

Aplikasi ini sangat jitu dalam menemukan aplikasi, bahkan aplikasi ini mampu menyarankan Anda aplikasi-aplikasi yang mungkin Anda minati berdasarkan aplikasi-aplikasi yang Anda instal sebelumnya. Keunggulan dari aplikasi ini adalah di mana masing masing aplikasi dikaitkan dengan aplikasi lain yang sejenis, jadi Anda bisa menggali lebih dalam di kategori yang Anda cari.

Sedangkan Tablified Market hadir khususnya untuk pengguna perangkat tablet Android. Aplikasi ini menawarkan pilihan aplikasi yang dibuat khusus untuk tablet Android yang telah dimasukkan ke dalam kategori-kategori tersendiri. Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai aplikasi yang gratis dan juga informasi daftar aplikasi apa yang paling terkenal dan yang sedang tren.

3. Melihat ulasan dan kumpulan reputasi

Android kini sudah begitu terkenal sehingga kita bisa melihat detail informasi, ulasan mengenai aplikasi dan game yang ditulis oleh banyak orang di banyak situs internet. Cari aplikasi yang banyak dibahas dan diulas di situs-situs tersebut. Baca ulassan dan komentar orang-orang mengenai aplikasi dan game yang sedang dibicarakan. Bila Anda menemukan aplikasi atau game yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda, Anda tinggal menginstalnya.

Namun yang kurang dari Android adalah layanan pengumpul ulasan aplikasi dan rating dari sumber-sumber yang bisa dipercaya, di mana rating tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Metacritic berhasil menawarkan layanan seperti ini untuk game dan kini juga sudah mencakup iOS. Namun hingga kini belum ada berita apakah Metacritic juga akan merambah Android.

Dengan pilihan aplikasi dan game Android yang tepat, Anda dapat memaksimalkan penggunaan perangkat Android Anda secara efektif tanpa membuang waktu mencoba-coba lagi. (LH)

Androidauthority

Comment di sini