CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Belum Mandiri

by
March 21st, 2013 at 10:23 am

ciri orang yang belum mandiriCiriCara.com – Seseorang yang sudah mulai bekerja dan bisa membiayai kehidupannya sendiri seharusnya sudah mandiri. Namun, beberapa orang masih belum bersikap seperti itu. Mandiri bisa diartikan seseorang yang sudah tidak merepotkan orangtuanya lagi dalam hal apapun.

Lalu, apakah Anda sudah merasa benar-benar mandiri dan tidak bergantung pada orangtua? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ciri-ciri orang yang belum mandiri berikut ini yang dicuplik dari Magforwomen.com:

1. Kebutuhan Anda masih dibelikan orangtua

Apakah beberapa kebutuhan Anda masih dibelikan orangtua bahkan sampai pada hal-hal kecil sekalipun? Jika iya, maka Anda bisa dikatakan seseorang yang belum mandiri dan masih bergantung pada orangtua.

2. Orangtua mendukung Anda secara finansial

Orangtua masih membantu Anda secara finansial. Misalnya, untuk membayar uang muka rumah, motor, dan mobil. Selain itu, pajak dan biaya perawatan juga masih mereka yang membayar. Jika sudah begitu, maka Anda merupakan seseorang yang belum bisa dikatakan mandiri.

3. Masih tinggal bersama orangtua

Anda sudah bekerja dan memiliki penghasilan yang cukup. Apakah Anda tidak malu masih tinggal bersama orangtua? Untuk itu, cobalah mandiri dengan membeli rumah sendiri. Dengan begitu, Anda juga bisa mempersiapkan kehidupan di masa depan.

minta uang sama orangtua

4. Selalu meminta nasihat dari orangtua

Orangtua merupakan pemberi nasihat yang baik. Anda sebagai anaknya tentu merasa nyaman jika dinasihati olehnya. Akan tetapi jika ada masalah pekerjaan, percintaan, dan kehidupan pribadi selalu menceritakan kepadanya, maka Anda bukanlah seseorang yang mandiri. Ketahuilah bahwa Anda sudah dewasa dan harus bisa membuat keputusan sendiri.

5. Masih menunggu perintah dari orangtua

Orangtua masih mendikte Anda untuk melakukan ini dan itu. Selain itu, Anda juga terkadang menunggu perintah darinya jika ingin melakukan sesuatu. Jika ingin mandiri, maka sebaiknya Anda harus bersikap tanpa harus menunggu perintah dari mereka.

6. Masih merasa membutuhkan mereka

Apakah Anda selalu minta dirawat saat sedang sakit? Atau Anda selalu ingin minta dibelikan sesuatu kepada mereka? Jika iya, maka Anda merupakan seseorang yang belum mandiri dan masih bergantung kepada mereka. Bersikap manja boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering karena tak baik untuk masa depan Anda.

7. Sering menangis dan mengadu di hadapan mereka

Mencurahkan apa yang dirasa kepada orangtua merupakan hal yang wajar. Namun, Anda juga harus membatasi hal tersebut. Jangan terlalu sering menangis dan mengadu hal-hal kecil yang seharusnya bisa Anda atasi sendiri. Cobalah untuk menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orangtua agar Anda menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Itulah ciri-ciri orang yang belum mandiri. Setelah membaca ciri-ciri di atas, apakah Anda seseorang yang sudah mandiri dan tidak bergantung pada orangtua? Ketahuilah bahwa menunjukkan sikap mandiri di hadapan orangtua tentunya akan membuatnya merasa bangga. (NR)

Comment di sini