CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Menderita Paru-paru Basah

by

penderita paru-paru basahCiriCara.comPneumonia yang kerap disebut paru-paru basah termasuk salah satu jenis penyakit yang membahayakan kesehatan penderitanya. Penyakit paru-paru basah merupakan suatu peradangan yang terjadi pada paru-paru, biasanya akibat terkontaminasi.

Penyebab penyakit ini adalah bakteri, virus, dan jamur. Selain itu, Anda juga bisa menderita paru-paru basah secara tidak sengaja jika menghirup cairan atau bahan kimia. Sebagian besar orang yang memiliki peningkatan risiko paru-paru basah berusia lebih dari 65 tahun atau anak di bawah 2 tahun.

Batuk yang tidak berhenti merupakan ciri-ciri yang paling umum yang dialami penderita paru-paru basah. Batuk yang dialami itu merupakan indikasi adanya infeksi baik di tenggorokan maupun di paru-paru. Jika salah satu gejala itu dibiarkan saja, maka penyakit paru-paru basah bisa bertambah parah.

Selain batuk yang tidak berhenti, ada ciri lain yang ditunjukkan jika seseorang menderita paru-paru basah. Apa saja? Inilah ciri-ciri orang yang menderita paru-paru basah:

paru-paru basah

1. Batuk berkepanjangan

2. Demam

3. Batuk berlendir

4. Sesak napas

5. Nafsu makan berkurang

6. Berat badan turun

Seseorang yang menderita paru-paru basah, kantong-kantong udara dalam paru (alveoli) dipenuhi nanah dan cairan sehingga kemampuan menyerap oksigen akan berkurang. Nanah dan cairan yang memenuhi paru-paru bisa mengurangi oksigen di sel-sel tubuh dan tak bisa bekerja lagi. Akibatnya, selain penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, penderita juga bisa meninggal.

Pneumonia muncul karena kuman penyakit terhirup hidung dan mulut. Jika lingkungan di sekitar ada orang atau anak yang terinfeksi, maka risiko tertular sangat besar, apalagi jika daya tahan tubuh sedang tidak baik.

Untuk pengobatan alami terhadap gejala paru-paru basah, usahakan si penderita tidak sering berada di luar rumah, terutama pada malam hari. Berada di luar pada malam hari atau begadang merupakan faktor tertinggi yang menyebabkan paru-paru basah. Selain itu, jaga juga daya tahan tubuh Anda agar tidak memperburuk infeksi yang sudah ada.

Ketahuilah bahwa mencegah paru-paru basah jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk itu lakukanlah beberapa pencegahan, seperti lebih sering mencuci tangan, tidak merokok, menggunakan masker saat membersihkan rumah yang berdebu atau saat berpergian, dan lain sebagainya. Selain itu, rajinlah berolahraga agar tubuh tetap sehat dan dijauhkan berbagai penyakit. (NR)


comments powered by Disqus