Hasil Survei: Tidak Ada Partai Politik yang Peduli Rakyat

by
March 21st, 2013 at 2:55 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada tahun depan, banyak survei yang dilakukan lembaga-lembaga independen bermunculan di masyarakat.

Salah satu survei yang baru saja digelar adalah survei terhadap kinerja anggota DPR. Survei ini digelar oleh Publica Research and Consulting.

Diberitakan oleh Kompas.com, hasil survei ini menyatakan bahwa masyarakat kelas menengah Indonesia menganggap anggota DPR lebih mewakili partai daripada suara rakyat.

Bisnis KTI

Bisnis KTI

“Penilaian ini juga akan memengaruhi pilihan warga kelas menengah dalam pemilu legislatif mendatang,” ujar Direktur Riset Publica Research and Consulting, Rahadi T Wiratama, Rabu 20 Maret 2013.

Dari hasil survei, 84,1 persen responden menilai anggota DPR hanya mewakili partai masing-masing. Hanya sejumlah 8,4 persen dari responden yang mengatakan bahwa anggota DPR mewakili rakyat.

Di sisi lain, survei juga mengatakan bahwa 53,6 persen dari responden berpendapat bahwa tidak ada satupun dari partai politik yang mau peduli terhadap kepentingan masyarakat.

Penilaian publik terhadap partai politik tersebut tidak sampai menyentuh jumlah 10 persen dari total responden. Untuk penilaian kepedulian partai politik ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mendapatkan dukungan tertinggi dengan 8,2 persen, disusul dengan Partai Demokrat yang memperoleh 6,8 persen dukungan.

Sedangkan PKS, Partai Golkar, Partai Hanura, PAN, PPP, dan PKB mendapat penilaian kepedulian kurang dari lima persen responden.

Survei yang digelar oleh lembaga survei itu diadakan pada tanggal 18 hingga 21 Februari 2013 lalu. Mayoritas dari para responden survei belum menentukan pilihan pada Pemilu 2014 nanti.

“(Sebanyak) 25,4 persen responden menjawab rahasia, sementara 34,4 persen menjawab belum tahu. (Akumulasi keduanya) ini lebih banyak dibandingkan dengan yang telah menetapkan pilihan,” kata Rahadi kepada sumber yang sama.

Dari hasil survei tersebut juga didapat bahwa sebanyak 7,2 persen responden sudah menetapkan pilihan terhadap PDI-P, 6,2 persen telah memilih Partai Demokrat, dan 6 persen memilih Partai Gerindra.

Survei tersebut diikuti oleh 1.300 responden dengan rentang kesalahan kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil penelitan juga mengatakan bahwa responden survei tersebut merasa tidak puas terhadap kinerja anggota Dewan.

Sedangkan untuk kerja legislasi, ketidakpuasan dinyatakan oleh 35,1 persen respondenpenyusunan anggaran oleh 36,5 persen, pengawasan kinerja Pemerintah 30,8 persen, dan  mewakili kepentingan rakyat 39,5 persen. (RN)

Comment di sini