KASAD TNI Bantah Isu Kudeta Presiden SBY

by
March 21st, 2013 at 2:22 pm

KASAD Jenderal TNI Pramono Edhie WibowoJakarta (CiriCara.com) – Isu adanya upaya menjatuhkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dari jabatannya (kudeta) terus beredar luas di masyarakat. Namun, hal ini dibantah oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI Jenderal Pramono Edhie Wibowo.

Pramono menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan kudeta terhadap Presiden SBY. Menurutnya, itu hanyalah isu yang dikembangkan untuk membuat heboh masyarakat. “Kudeta biasanya memang datang tuduhannya dari tentara, tapi Angkatan Darat tidak, lah,” tegasnya.

Pramono juga mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk tidak melakukan kudeta atau aksi serupa lainnya. Menurutnya, menurunkan Presiden SBY sebelum masa jabatannya habis adalah perbuatan yang tidak baik.

“Saya sampaikan pada semua junior, kudeta adalah hal yang tidak baik,” kata Pramono di Mabesad, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/3/2013).

Pramono meminta semua pihak untuk tidak menyebarkan isu kudeta Presiden SBY. Pasalnya, isu kudeta Presiden SBY bisa menjadi pemicu kegelisahan seluruh rakyat Indonesia. “Dan Angkatan Darat tidak akan melakukan itu (kudeta), saya jamin itu,” tegas Pramono.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Sebelumnya, diberitakan bahwa akan ada aksi unjuk rasa di Jakarta pada Senin (25/3/2013) mendatang. Aksi unjuk rasa ini ditujukan untuk menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun dari jabatannya.

Presiden SBY pun sudah merespon isu kudeta tersebut. Setelah bertemu dengan mantan Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Prabowo Subianto dan tujuh jenderal TNI, SBY meminta semua pihak untuk tetap berada pada jalur demokrasi yang benar.

Menurut SBY, isu kudeta hanya akan membuat pemerintah tidak bisa bekerja dengan baik. “Saya khawatir ini justru akan menyusahkan rakyat kita,” tutur Presiden SBY.

(YG)

Comment di sini